Daftar Tumbangnya Layanan Facebook Cs Bersamaan

Facebook, Messenger, Instagram dan WhatsApp.
Sumber :
  • Small Caps

VIVA – Senin malam, 4 Oktober 2021, layanan WhatsApp, Facebook, dan Instagram dilaporkan tumbang. Kini, ketiga raksasa media sosial itu sudah berangsur pulih. Dalam tweet-nya Facebook meminta maaf dan mengatakan bahwa layanannya sudah kembali normal setelah terjadi gangguan selama 6 jam.

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Nyatanya, kejadian seperti ini kerap terjadi. Berdasarkan data yang diolah VIVA Tekno, Selasa, 5 Oktober 2021, berikut daftar tumbangnya Facebook, WhatsApp, dan Instagram secara bersamaan.

3 Juli 2019

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

Dalam cuitan di akun Twitter, Facebook mengatakan gangguan unggahan gambar, video, dan file di platform media sosial itu sudah bisa teratasi pada 4 Juli.

"Masalah tersebut telah diselesaikan dan kami seharusnya sudah 100 persen normal untuk semua pengguna. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," tulis Facebook di akun Twitter mereka.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Gangguan terjadi merata di berbagai belahan dunia. Pengguna gagal mengunggah dan mengirim gambar dan video di Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Facebook langsung merespons gangguan tersebut dengan berusaha secepat mungkin menangani persoalan ini.

30 Oktober 2019

Menjelang pergantian hari ke Kamis, 31 Oktober, pengguna internet dibuat resah dengan tumbangnya berbagai layanan aplikasi keluarga Facebook. Pada Rabu, 30 Oktober tengah malam, pengguna internet mengeluhkan Instagram down, demikian juga dengan Facebook dan WhatsApp.

Masalah ini dengan cepat menjadi trending topic di Twitter. Tagar #instagramdown muncul lagi pada Rabu dini hari. Situs Down Detector mencatat bahwa ketiga aplikasi tersebut tumbang.

29 November 2019

Facebook dan Instagram tumbang pada waktu yang bersamaan. Beruntungnya saat itu tidak dibarengi WhatsApp, tapi menimpa aplikasi Messenger. Menurut situs Down Detector, sejumlah orang mengeluhkan masalah tumbangnya Facebook.

Ini menjadi perbincangan di seluruh dunia, meski tidak semua orang mengalaminya. Sejumlah pengguna Facebook masih bisa mengakses media sosial itu secara normal. Namun, ada beberapa bagian yang error, misalnya saat berbagi posting baru.

19 Maret 2021

Pada saat itu ketiganya tumbang untuk pengguna di seluruh dunia. Pengguna melihat peringatan kesalahan ketika mereka membuka aplikasi sehingga tidak dapat mengirim atau menerima pesan.

Di Twitter, para pengguna mulai mengadu. Jumlah cuitan netizen yang teriak WhatsApp dan Instagram cukup besar di Twitter. Saat itu jumlah cuitan WhatsApp mencapai 1,6 juta dan Instagram sebanyak 169 ribu cuitan.

4 Oktober 2021

Pada laman Down Detector, Facebook banyak dilaporkan pada pukul 22.46 WIB, Instagram pukul 22.48 WIB, dan WhatsApp pukul 23.04 WIB. Ketiga aplikasi populer ini sebagian besar dilaporkan karena alasan koneksi server.

"Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami. Kami berupaya agar semuanya kembali normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," tweet Facebook tanpa menyebut alasan penurunan pada aplikasinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya