Facebook Umumkan Fitur Baru, Admin Grup Bisa Dapat Cuan?

Ilustrasi Facebook
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Facebook membawa fitur monetisasi ke bagian lain dari layanan grupnya. Jejaring sosial sedang menguji alat baru yang memungkinkan admin grup menghasilkan uang, dengan fitur belanja, penggalangan dana, dan langganan baru. Perusahaan tersebut mengumumkan pembaruan pada acara KTT Komunitas tahunannya, di mana dikatakan bahwa fitur-fitur baru akan membantu orang-orang yang menjalankan grup "mendukung" komunitas yang telah mereka bangun. 

Identitas Enam Anggota Polres Jaksel yang Dipecat Karena Kasus Narkoba

Cara Memonetisasi Grup Facebook

Mengutip dari laman engadget, Senin (8/11/2021), dengan perubahan tersebut, admin grup Facebook memiliki tiga cara untuk memonetisasi komunitas mereka. 

Download Video TikTok Kualitas HD di Ssstiktok: Begini Caranya
  1. Yang pertama penggalangan dana komunitas, di mana admin bisa menggalang dana untuk proyek grup, membiayai pengelolaan grup, dan memungkinkan anggota memberikan apresiasi mereka kepada admin dan moderator.
  1. Yang kedua dengan menjual suvenir yang mereka buat melalui toko di grup. Dengan begitu, anggota grup bisa mendapatkan dukungan dengan memperkuat rasa kebersamaan mereka.
Polres Jaksel Pecat Enam Anggotanya, Ada Apa?
  1. Subgrup berbayar. Fitur ini merupakan yang paling baru di Facebook. Fitur ini menjadi tempat bagi anggota untuk berlangganan atau subscribe dengan biaya tertentu untuk mendapatkan akses eksklusif untuk mendapatkan lebih banyak konten, pengalaman seperti pelatihan atau perjejaring, hingga percakapan yang mendalam.

Sebagai bagian dari upaya memperluas langganan berbayar di Facebook, fitur baru ini memungkinkan admin menunjang komunitasnya selama menawarkan lebih banyak pengalaman yang bermakna bagi anggota grup.

Facebook Berjuang Mengendalikan Grup yang Bermasalah

Maria Smith, VP of Communities Facebook mengatakan bahwa Facebook tidak mengharapkan semua grup menginginkan atau membutuhkan fitur berbayar ini, namun banyak grup sudah menjual merchandise mereka sendiri atau mengorganisir penggalangan dana. Jadi membawa alat langsung ke mereka bisa bermanfaat. Di sisi lain, grup juga menjadi rumah bagi konten Facebook yang paling beracun dan memecah belah, dan perusahaan telah untuk mengendalikan grup yang bermasalah.

Mengingat rekam jejak Facebook di sini, beberapa grup akan menemukan cara untuk menyalahgunakan alat ini (Facebook merencanakan peluncuran yang lambat, sehingga sebagian besar grup tidak akan langsung memiliki akses ke fitur ini). Smith mencatat bahwa subgrup akan memiliki alat moderasi yang sama dengan grup yang lebih luas dan dalam beberapa kasus dapat mempermudah admin untuk menanganinya. 

“Ini akan mengklasifikasikan diskusi dalam subkelompok yang berbeda dan kemudian mereka dapat mengelolanya dengan lebih efisien,” katanya. Dia menambahkan bahwa grup dan subkelompok juga akan diminta untuk mengikuti pedoman perdagangan dan aturan penggalangan dana perusahaan.

Fitur yang Menyatukan Orang

Banyak grup telah difitnah, fitur ini juga merupakan fitur yang sering ditunjukkan oleh Facebook sebagai bukti bahwa platformnya dapat menyatukan orang dan menjadi kekuatan untuk kebaikan. Facebook juga telah mengindikasikan bahwa grup akan memainkan peran penting dalam rencananya untuk membangun metaverse

Pembaruan Lain Untuk Grup Facebook

Selain fitur monetisasi baru, Facebook juga mengumumkan beberapa pembaruan lain untuk grup, diantaranya:

  • Fitur kustomisasi baru yang memungkinkan admin mengubah warna latar belakang, gaya font, dan aspek lain dari tampilan grup.
  • Obrolan komunitas untuk memudahkan admin dan moderator grup untuk saling menghubungi.
  • Bagian "unggulan" baru sehingga admin grup dapat menyematkan konten yang tetap berada di bagian atas grup.
  • Facebook juga berencana untuk mulai menguji beberapa fitur baru yang akan menyederhanakan pengalaman grup dan halaman untuk admin yang mengelola grup dan halaman terkait. Masih belum sepenuhnya jelas bagaimana ini akan bekerja, tetapi Facebook mengatakan tujuannya adalah untuk membawa beberapa fitur khusus grup, seperti alat moderasi, ke dalam Halaman sambil juga memberi admin kemampuan untuk "menggunakan suara resmi saat berinteraksi dengan komunitas mereka."
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya