'Elok' Pintu Masuk Digitalisasi Desa

Aplikasi Elok.
Aplikasi Elok.
Sumber :
  • Telkom

VIVA – Penggunaan aplikasi Elok atau Elektronik Loket sebagai bagian solusi Smart Village Nusantara dari Tribe Smart Village & Community PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk di Desa Wisata Stone Garden, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, telah menciptakan berbagai kemudahan.

Head of Digital Vertical Ecosystem Agriculture Telkom Indonesia Insan Purnama mencoba membantu desa-desa wisata yang memungkinkan seluruh data dianalisa. Sebab, keuangan yang terekam memang penting akan tetapi pola prilaku wisatawan juga jangan diabaikan.

"Elok merupakan pintu masuk digitalisasi Desa Gunung Masagit dengan pengimplementasian sektor lainnya pada tata kelola pemerintahan, tata sosial, dan ekonomi," kata dia, Kamis, 20 Januari 2022.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Samsul Widodo menyebut aplikasi Elok adalah hal yang tak terhindarkan di era digital. Meski begitu jangan sebatas modernisasi alat.

"Dengan Elektronik Loket memang pendapatan langsung terpantau dan terlihat rekap Excel-nya. Tapi, yang lebih penting adalah bahwa ini Pokdarwis jadi tahu karakter pengunjung. Jam berapa masuk ke obyek, rombongan apa keluarga, dan lainnya. Jadi terbangun ekosistem wisata yang baik," ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Stone Garden Sukmayadi mengatakan baru menggunakan Elok per November tahun lalu untuk mendata seluruh pendapatan pada wisata alam gunung kapur tersebut.

"Keuntungan utamanya adalah semua terpantau dari gadget tanpa perlu setiap hari ke lokasi," jelas dia. Menurut Sukmayadi, keuntungan lainnya adalah muncul rasa saling percaya antar pengelola karena semuanya transparan dan bisa saling pantau.