Pengguna Internet di Indonesia Tinggi, tapi Bukan Tanpa Masalah

Wamenkominfo Nezar Patria.
Sumber :
  • VIVA/Dedy Priatmojo

VIVA Tekno – Berdasarkan laporan dari Institute for Management Development (IMD) dalam World Digital Competitive News Ranking 2023, Indonesia menempati urutan ke-45 dari total 64 negara.

Ini Dia 'Otak' Transformasi Digital Telkomsel

Hal ini menegaskan bahwa meskipun Indonesia memiliki jumlah pengguna internet yang cukup tinggi, namun, tidak semua pengguna internet memiliki literasi digital yang baik.

Menurut Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria, generasi muda adalah bagian penting dari Gerakan Nasional Literasi Digital SiBerkreasi yang bertujuan untuk meningkatkan kecakapan digital masyarakat Indonesia.

Manfaat Starlink di Indonesia, Menurut Analis

Hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah untuk meningkatkan pengetahuan digital masyarakat guna mengedukasi tentang literasi digital ke berbagai sektor, termasuk pendidikan.

"Salah satunya menggalakkan literasi digital di sekolah-sekolah dan mendorong pemanfaatan internet dan media sosial secara positif," kata Nezar Patria, Rabu, 8 Mei 2024.

Elon Musk Should Open Starlink Operations Center in Indonesia

VP Corporate Communications and Social Responsibility Telkomsel Saki Hamsat Bramono.

Photo :
  • VIVA/Lazuardhi Utama

VP Corporate Communications and Social Responsibility Telkomsel Saki Hamsat Bramono.

Photo :
Apa yang disampaikan Wamenkominfo adalah bagian dari program Telkomsel Internet Baik series 8 yang mengusung tema “Empower Creative Generation” di SMKN 2 Kediri, SMAN 1 Kediri, dan SLB Negeri Kandat.

Telkomsel berhasil membangun kesadaran literasi digital bagi lebih dari 1.000 pelajar dan guru di Indonesia dengan memberikan pelatihan terkait tren terkini dan tantangan di dunia kreatif digital, hingga kemampuan kecakapan kreatif digital untuk meningkatkan dan mendukung pengembangan pengetahuan, wawasan, dan kreativitas.

"Program ini juga mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam menyebarkan konten positif dan produktif di dunia digital, serta mengajak semua kalangan untuk mencegah potensi dampak negatif dari perkembangan informasi di internet," ungkap Vice President Corporate Communications and Social Responsibility Telkomsel Saki Hamsat Bramono.

Selama pelaksanaan Program Internet Baik series 8 sejak Januari 2024, Telkomsel telah menggelar roadshow literasi digital yang telah menjangkau lebih dari 1.000 peserta termasuk para guru/tenaga pendidik, orangtua, komunitas, pelajar, serta siswa/siswi penyandang disabilitas dari SLB setingkat SMA dari 40 sekolah di empat kota, yakni Medan, Tasikmalaya, Banjarbaru, dan Kediri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya