Muncul Kota Hantu yang Bikin Geger Warga

Ilustrasi kota hantu.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Sisa-sisa kota yang terendam banjir kini muncul kembali di Spanyol setelah periode kekeringan yang panjang. Desa Aceredo – sebuah kota kecil di perbatasan Spanyol-Portugal – di wilayah Galicia telah ditinggalkan seluruh penghuninya pada 1992 ketika pembangkit listrik tenaga air (PLTA) milik Portugal ditutup pintu airnya.

Bagaimana Pandemi Virus Corona Ciptakan 'Kota-kota Hantu' di Dunia?

Hal ini menyebabkan Sungai Limea membanjiri tanah dan bangunan di sekitarnya sehingga menciptakan Waduk Alto Lindoso. Tapi, tiga dekade kemudian, setelah musim kemarau yang panjang ketinggian air waduk turun hingga 15 persen dari total kapasitas.

"Desa yang telah lama terlupakan saat ini muncul kembali dari kedalaman. Ini seolah-olah saya sedang menonton film. Saya merasa sedih. Inilah yang akan terlihat jika terjadi kekeringan juga perubahan iklim," ujar turis Maximino Perez Romero, seperti dikutip dari situs Metro, Kamis, 17 Februari 2022.

Mendadak Ada Pohon Natal di Kota Hantu

Bangunan kosong itu sebagian besar tetap utuh dan dikelilingi oleh mobil berkarat serta benda-benda terlantar lainnya. Peti-peti botol bir terlihat ditumpuk di dinding kafe. Suasana ini membuat Desa Aceredo seperti 'kota hantu' yang populer di kalangan turis.

Ada lebih dari 70 rumah di desa itu, di mana banyak bangunan masih utuh selama beberapa dekade. Seorang warga lokal dari daerah tersebut, Francisco Villalonga, mengatakan dari sudut pandang pengunjung tentu menjadi tempat yang menarik.

Turis Ramai Kunjungi Kota Hantu di Australia Ini

"Tapi bagi kita yang pernah ada di sana sulit rasanya untuk melihat seperti sekarang. Melihat rumah-rumah tempat mereka dilahirkan dan dibesarkan membuat orang sangat bernostalgia dengan masa lalu," tutur Villalonga.

Desa boneka di Jepang

5 Tempat di Dunia Bikin Bulu Kuduk Merinding

Ada desa hantu bikin merinding.

img_title
VIVA.co.id
11 September 2020