Logo BBC

Ilmuwan Ungkap Ada Laut Terdalam yang Paling Jarang Dieksplorasi

Laut terdalam di kerak Bumi.
Laut terdalam di kerak Bumi.
Sumber :
  • bbc

Kapal Sonne
FS SONNE 2014/2015; EXPEDITION SO237; VEMA-TRA
Studi terbaru tentang zona abisal berjalan berkat 15 ekspedisi internasional yang mengumpulkan sampel dari zona bawah laut di sejumlah perairan.

Zona abisal adalah wilayah yang paling jarang dieksplorasi di planet ini, meskipun kawasan ini mengandung 60 persen kerak bumi.

Zona yang juga sering disebut dengan istilah `kerajaan abisal` ini merupakan lapisan laut terdalam. Sebagian besar dasar laut ditemukan pada zona ini.

Zona abisal adalah sebuah dunia dengan kondisi ekstrem yang menyimpan banyak kekayaan kehidupan.

Penelitian terbesar yang pernah dilakukan di zona ini dilakukan periset dari delapan negara. Mereka menguji air dan sedimen di laut dalam.

Kajian tersebut baru saja diterbitkan dalam jurnal Science Advances. Para peneliti itu mengungkap bahwa banyak spesies yang hidup di zona abisal sama sekali baru bagi sains.

Tiga peneliti dari Spanyol yang terlibat dalam studi itu menjelaskan temuan utama mereka kepada BBC Mundo, sekaligus menuturkan alasan penting untuk melindungi dunia yang hampir tidak dikenal ini.

sains
A GLOVER, T DAHLGREN, H WIKLUND, L BRIBIESCA-CONTR
Organisme di zona abisal harus menahan tekanan 500 hingga 600 kali lebih tinggi dari tekanan atmosfer di permukaan air.

Apa dan bagaimana kerajaan abisal terbentuk?

"Ini adalah zona lautan yang dimulai pada kedalaman 4.000 meter," kata Covadonga Orejas Saco del Valle, peneliti di Pusat Oseanografi Gijon, bagian dari Institut Oseanografi Spanyol (CSIC).

Covadonga berkata, sangat sedikit data yang telah diketahui tentang zona ini.

Sebagai perbandingan, permukaan Bulan dan Mars sudah sepenuhnya dipetakan, tapi baru 20 persen dasar laut yang telah eksplorasi.

Zona abisal mencapai hingga kedalaman 6.000 meter. Lapisan berikutnya disebut zona hadal.