Jangan Putus Asa, Ada Peluang dan Momentum di Masa Pandemi

Ilustrasi peluang bisnis.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA – Saat ini banyak sekali potensi bisnis seiring berkembangnya teknologi. Sebab, jumlah pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) semakin banyak dan berpotensi dalam membantu perekonomian negara.

Gandeng BRIN, SDGI Accelerator Ditargetkan Lahirkan Inovasi Bisnis Masa Depan

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) Maret 2021, jumlah pelaku UMKM di Indonesia mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 61,07 persen atau Rp8.573,89 triliun.

Para pelaku UMKM disebut mampu menyerap 97 persen dari total angkatan kerja dan mampu menghimpun hingga 60,42 persen dari total investasi di Indonesia. Pemerintah berkomitmen untuk menghadirkan produk koperasi dan UKM yang berdaya saing tinggi sehingga dapat memasuki pasar global.

Pengamat: Duet Anies-Ahok di Pilgub Jakarta Eksperimen yang Berani

Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut dengan menggelar Digital Creative Entrepreneurs (DCE) Virtual Exhibition, yang menjadi referensi akselerasi transformasi digital UMKM di Indonesia.

"DCE Virtual Exhibition menampilkan produk-produk dari 150 UMKM binaan Telkomsel di bidang makanan, kerajinan, dan busana selama satu bulan sejak tanggal 24 Maret sampai 20 April 2022," kata Vice President Corporate Communications Telkomsel, Saki H Bramono, dalam konferensi pers virtual, Sabtu, 26 Maret 2022.

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia, Ada Apa?

Berdasarkan penilaian terhadap aspek produk, legalitas, finansial, dan kreativitas maka DCE memilih 150 UMKM. Lalu, setelah melalui beberapa proses pengembangan kapabilitas di Intimate and Mentoring Session, hingga Workshop, Telkomsel memilih 9 peserta terbaik untuk menjadi showcase utama di DCE Virtual Exhibition.

Saki mengaku bahwa pertumbuhan UMKM di Indonesia saat ini penuh tantangan, terutama dalam kondisi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung. Namun, di balik hal tersebut ada peluang dan momentum yang baik bagi mereka untuk melesat bisnisnya dengan digital.

Program ini juga mendorong pertumbuhan UMKM lokal di bidang makanan, kerajinan, dan busana dalam rangka meningkatkan daya saing para entrepreneur dan brand owner di tingkat nasional maupun global.

"Besar harapan kami para UMKM mendapatkan manfaat terbaik dalam mengembangkan kapasitas dan kompetensi digital dari rangkaian program DCE. Kami juga ingin agar UMKM dapat mempertahankan dan melesatkan kelancaran bisnis mereka, sekaligus memperkuat peran dalam mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional," paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya