Digitalisasi Jadi Solusi Industri Sawit

Digitalisasi.
Sumber :
  • iferu

VIVA – Indonesia Telecommunication and Digital Research Institute (ITDRI), yang dimotori Telkom Corporate University (Telkom CorpU), menjalim kerja sama dengan Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS).

Telkom Punya Tabungan Rp6,8 Triliun

Mitra baru dari unsur bisnis tersebut digandeng ITDRI guna kerja sama dalam bidang Learning, Research, dan Innovation.

Chairman of ITDRI/SGM Telkom, Jemy V. Confido, mengatakan jika kolaborasi ini bentuk komitmen bersama dalam mengkaji perkembangan inovasi terkait penerapan teknologi, khususnya teknologi digital di bidang agrikultur termasuk kelapa sawit.

Airlangga: Negara Anggota OECD Akui Leadership RI di ASEAN dan G20

“Kolaborasi ini sangat dibutuhkan guna memperkuat inovasi, khususnya kami di BUMN yang salah satu core value-nya kolaboratif," kata dia, Minggu, 3 April 2022.

Jemy juga menjelaskan kerja sama bidang Learning, yaitu kolaborasi perancangan dan penyelenggaraan kegiatan pembelajaran terutama terkait pengembangan talenta digital melalui joint learning/curriculum, produksi konten pembelajaran, magang, hingga pertukaran pengetahuan bisnis.

Telkom Indonesia Tebar Dividen Rp 17,68 Triliun, Intip Jadwalnya

Kemudian, bidang Research mencakup kolaborasi penelitian lingkup digital yang berpotensi memperkuat sumber daya dan ekosistem yang dimiliki para pihak, serta bidang Innovation, yang mencakup kegiatan tidak terbatas pada joint innovation, pertukaran data hasil inovasi, serta penggunaan use-case dalam industri.

ITDRI Telkom juga membangun jaringan kemitraan Pentahelix yang terdiri dari Helix Business, Helix Government, Helix Academy, Helix Community, dan Helix Technology Provider agar tercipta ekosistem kolaborasi.

Sementara itu, Kepala PPKS, M Edwin Syahputra Lubis, mengatakan jika sebuah perusahaan harus mampu mempertahankan eksistensi organisasinya walaupun di tengah tekanan dan masa sulit, bahkan harus mampu membuat perubahan menjadi peluang berkinerja lebih baik lagi.

"Kolaborasi ini diharapkan bisa membantu memajukan digitalisasi di PPKS. Karena, pada dasarnya, kami sudah mengembangkan beberapa program digitalisasi, baik aspek penelitian maupun internal perusahaan. Penelitian e-commerce ada yang kami namakan PPKS Integrated System, sebagai contoh," tutur dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya