Pria Ini Merasa Gatal di Mata yang Disebabkan Larva Lalat

Lalat.
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Seorang pria merasakan gatal pada matanya yang disebabkan oleh lebih dari selusin larva lalat. Organisme tersebut diidentifikasi sebagai lalat bot domba atau Oestrus ovis.

Viral Penampakan Ribuan Lalat Bertebaran di Kintamani Bikin Bergidik, Diduga karena Kotoran Ayam

Pria berusia 53 tahun itu pergi ke ruang gawat darurat setelah ia mengalami sensasi gatal di mata kanannya yang berlangsung beberapa jam.

Ia mengatakan kepada dokter bahwa sebelumnya pada hari tersebut dirinya sedang berkebun di dekat peternakan kuda dan domba ketika merasakan sesuatu masuk ke matanya.

Cara Kerja Nyamuk Wolbachia, Inovasi Baru untuk Atasi Penyebaran DBD di Indonesia

Ketika dokter melakukan pemeriksaan mata, mereka menemukan lebih dari selusin larva tembus pandang pada kornea dan konjungtiva pria itu, tulis penulis dari University Hospital of Saint-Etienne di Prancis.

Kornea adalah penutup luar transparan di bagian depan mata. Sementara konjungtiva adalah selaput yang melapisi kelopak mata dan bagian putih mata.

Top Trending: Geger Polisi DIkejar Pakai Panah, Heboh Video Nakes Direkam saat Mandi

Pria itu didiagnosis dengan ophthalmomyiasis eksternal atau infeksi struktur luar mata oleh larva lalat, melansir dari laman Science Alert, Selasa, 12 April 2022.

Satu-satunya cara untuk menyembuhkan kondisi ini adalah dengan mengeluarkan organisme secara fisik dari bola mata. Dalam kasus ini dokter mengeluarkan larva dengan forsep.

Sepertinya, pria itu terinfeksi ketika seekor lalat terbang ke matanya dan menyimpan larva.

Para penulis mencatat bahwa larva lalat memiliki 'kait mulut' dan 'spikula tubuh' yang dapat menyebabkan lecet dangkal pada kornea jika tidak diobati. Pria tersebut kini sudah pulih dan tidak memiliki gejala apapun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya