Jarang Diketahui, 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Google

Logo Google.
Sumber :
  • 9to5Google

VIVA – Mesin pencari Google berhasil menang atas rival-rivalnya, seperti AskJeeves, Yahoo, dan Bing. Kejayaannya dimulai sejak 1998 dengan menelurkan browser web khusus ponsel, sistem rumah pintar, dan lain sebagainya.

Sistem-sistem yang dibuat Google menyimpan beberapa trik yang masih jarang diketahui pengguna. Berikut ulasannya melansir dari laman Tech Radar, Selasa, 10 Mei 2022:

Cek malware berbahaya

Google Launches No-cost AI Training Course for Teachers

Pengguna Google Chrome mungkin kerap menyadari bahwa kinerjanya sedikit lamban atau secara tidak sengaja mengeklik beberapa tautan yang mencurigakan. Mereka sebenarnya memiliki pemindai malware bawaan.

Untuk menemukannya cukup buka browser Chrome dan masuk ke Setting. Ketuk Advanced dan klik 'Reset and click up' yang akan membuka bagian dengan dua opsi. Dengan memilih 'Clean up computer', sistem akan memeriksa perangkat lunak berbahaya.

Google Cari Alternatif Pengganti Password

Penerbangan murah

Mengandalkan Google Flight, pengguna bisa menemukan tiket dengan harga yang terjangkau. Cukup buka tab 'Explore' di Google Flight dan masukkan bandara atau kota tujuan keberangkatan.

Lalu, pilih salah satu kotak yang menampilkan tanggal berangkat dan kembali. Hal ini memungkinkan pengguna untuk beralih dari tanggal tertentu ke tanggal fleksibel di mana mereka dapat memilih daftar satu bulan penuh atau dalam jangka waktu tertentu.

Hasil dari pencarian ini akan memberi pilihan penerbangan termurah ke beberapa tujuan.

Pengguna juga dapat memasukkan filter tambahan dengan opsi penerbangan langsung atau tidak langsung, maskapai tertentu, berapa banyak tas yang akan dibawa, menetapkan batas harga bahkan lokasi berdasarkan aktivitas.

Pencarian gambar

Fungsinya bisa digunakan untuk mencari kredit dari sebuah gambar atau gambar serupa yang diposting secara online.

Untuk menggunakannya pergi ke Google Image kemudian Anda akan melihat ikon kamera di bilah pencarian dan dua pilihan akan muncul, mencari menggunakan URL atau dengan mengunggah gambar.

Fitur tersebut sangat berguna untuk menemukan sumber asli gambar atau menemukan nama benda-benda yang tidak kita ketahui, seperti parfum atau aksesori vintage.

Putar file video dan audio

Browser web Google dapat memutar semua media. Jika Anda memiliki file audio atau video yang ingin dilihat atau didengerkan, cukup seret ke tab baru di Google Chrome dan file tersebut akan mulai diputar di jendela.

Nostalgia

Untuk yang satu ini memang kurang memiliki manfaat, namun bisa sedikit nostalgia bagi Anda yang ingin mengingat internet di akhir 1990-an atau hanya sekedar penasaran penampakannya di masa lampau. Buka mesin pencari Google dan ketik 'Google in 1998'.

Alih-alih memuat halaman baru hasil pencarian, seluruh jendela akan berubah menjadi tampilan halaman depan Google saat pertama kali diluncurkan. Sayangnya ketika memilih salah satu pilihan, pengguna akan kembali dibawa ke masa modern.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya