10 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Kanker

Susu kedelai.
Sumber :
  • Pixabay/ bigfatcat

VIVA – Ada berbagai manfaat susu kedelai untuk kesehatan tubuh yang mungkin belum kamu sadari. Jenis susu yang satu ini diketahui memiliki berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh dan sangat aman bila dikonsumsi oleh orang yang tengah diet atau memiliki kondisi medis tertentu, seperti alergi susu sapi maupun intoleransi laktosa. Susu kedelai ini terbuat dari kacang kedelai yang direndam, kemudian dihaluskan dan direbus. 

Kenali Pentingnya Konsumsi Multigrain Saat Sarapan

Setelah itu, hasil rebusan tersebut disaring sampai menghasilkan susu kedelai. Bila dibandingkan dengan jenis susu nabati yang lain, minuman yang berbahan dasar kedelai ini mempunyai kandungan gizi yang sangat mirip dengan susu sapi rendah lemak. Ia bisa menjadi sumber protein, karbohidrat, gula, serat, dan lemak baik. Susu kedelai ini juga sangat kaya akan mineral dan vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. 

Kandungan Gizi

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dan Pencernaan Lancar dengan Buah Delima

Ilustrasi Susu Kedelai

Photo :
  • U-Report

Susu kedelai yang sering dikonsumsi sebagai salah satu pilihan minuman sehat ini memiliki banyak sekali kandungan gizi. Seperti dalam segelas susu kedelai ada sekitar 100 kalori dan berbagai nutrisi lain, seperti protein, karbohidrat, lemak, dan serat. Selain itu, ada berbagai kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin D, vitamin E. kalsium, kalium, zat besi, dan fosfor. 

Lebih Dari Sekadar Lezat! Alpukat Ternyata Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan Jantung dan Kulit

Bukan hanya itu, susu kedelai juga mengandung antioksidan, seperti flavonoid, dan isoflavon. Lantaran mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, susu kedelai ini dapat dikonsumsi oleh siapa saja, mulai dari anak-anak, orang dewasa, sampai ibu hamil dan menyusui. Nah berikut ulasan tentang manfaat susu kedelai yang disadur dari Doctor NDTV

1. Penurunan Berat Badan

ilustrasi perut rata, perut buncit, diet

Photo :
  • Pixabay/ Public Domain Pictures

Susu kedelai kaya akan serat yang memiliki efek yang cukup besar pada BMI dan kadar kolesterol baik. Minuman ini dikenal dapat membantu mengatasi obesitas dan tekanan darah tinggi. Menggabungkan susu kedelai dengan diet rendah lemak dan beberapa protein kedelai dapat membantu untuk menyingkirkan obesitas.  

Dengan begitu, kamu juga bisa sambil menjaga massa otot tetap pada tempatnya. Kemudian suplai energi yang berasal dari protein tersebut sangat dianjurkan bila kamu ingin menurunkan berat badan. Tujuannya supaya tidak merasa lemas walaupun menjalani diet. 

2. Kesehatan Jantung yang Lebih Baik

Sakit jantung

Photo :
  • Times of India

Kedelai adalah produk yang meningkatkan kadar kolesterol baik dan mencegah penyakit jantung. Susu kedelai meningkatkan kadar lipid plasma pada manusia dan mengurangi risiko penyakit jantung di kemudian hari. Ini kaya akan vitamin, mineral, lemak tak jenuh ganda yang bersama-sama meningkatkan kesehatan jantung yang lebih baik.

Kemudian, kedelai juga mengandung indeks glikemik yang rendah sehingga tidak akan membuat gula darah naik secara drastis. Pada saat ini, jenis kacang tersebut juga akan membuat jantung lebih sehat sehingga dapat membantu untuk menurunkan risiko penyakit jantung. 

3. Menyembuhkan Masalah Kulit

Beruntusan, jerawat

Photo :
  • Pixabay/ SharonMcCutcheon

Jika kamu sering menghadapi wabah jerawat, beralihlah dengan mengonsumsi susu kedelai. Produk yang satu ini sendiri cukup baik untuk mengurangi hiperpigmentasi (kondisi kulit menjadi gelap). Dan itu tidak berakhir di sini, karena sebuah penelitian terbaru menyatakan bahwa senyawa yang ditemukan dalam kedelai memiliki sifat anti-penuaan.

4. Pertumbuhan Rambut yang Lebih Baik

Rambut yang sehat kaya akan nutrisi.

Photo :
  • U-Report

Susu kedelai, bila dikombinasikan dengan diet kaya protein dapat berdampak baik pada rambut kamu. Ini dapat merangsang pertumbuhan rambut yang lebih baik untuk meningkatkan penampilannya. Untuk rambut keriting dan sulit diatur juga, susu kedelai bisa bermanfaat. Sebab, bila dikonsumsi bersamaan dengan makanan mengandung protein tinggi, diyakini berdampak baik untuk kesehatan rambut. 

5. Tulang Lebih Kuat

Ilustrasi pengapuran tulang

Photo :
  • Zheng Gu Shui

Susu kedelai kaya akan kalsium dan tidak perlu dijelaskan mengapa bisa bermanfaat bagi tulang. Kandungan kalsium dalam minuman ini meningkatkan kesehatan tulang dengan menjaganya lebih kuat, menjaga strukturnya tetap utuh, sehingga mengurangi risiko patah tulang. Kalsium tersebut diperlukan oleh segala usia, terutama anak-anak. 

Berdasarkan salah satu penelitian yang dilakukan oleh Shea M. Kyla dari Tufts University mengatakan, susu kedelai mengandung phylloquinone atau vitamin K yang bisa meningkatkan kepadatan tulang serta untuk mencegah risiko fraktur dan patah tulang. 

6. Pemulihan Setelah Latihan

mitos fitness

Photo :
  • U-Report

Latihan berarti bahwa tubuh akan kehilangan beberapa lemak dan membakar beberapa kalori serta pemulihan adalah suatu keharusan setelah ini. Jadi jika kamu seorang vegan atau tidak toleran laktosa, susu kedelai bisa menjadi minuman yang sempurna bagi kamu untuk memastikan pemulihan yang lebih baik setelah berolahraga. Riboflavin dalam susu kedelai dapat membantu kamu memulihkan semua energi yang hilang setelah berolahraga.

7. Menurunkan Risiko Kanker

Kanker testis

Photo :
  • Times of India

Manfaat susu kedelai yang lain adalah bisa mencegah dan juga menghambat pertumbuhan sel kanker, terutama kanker prostat pada pria. Manfaat tersebut berasal dari kandungan isoflavon dalam kedelai. Bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, susu kedelai juga bermanfaat untuk mencegah adanya kanker payudara. 

Tapi, selain dengan mengonsumsi susu kacang kedelai, kamu juga dianjurkan untuk melakukan berbagai pencegahan terkena kanker yang lain. Misalnya adalah berhenti merokok, melakukan pola makan sehat, menjauhi minuman beralkohol, berolahraga secara rutin, serta mengurangi stres. 

8. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah/hipertensi

Photo :
  • Times of India

Sejumlah penelitian membandingkan antara susu sapi dan susu kedelai untuk manfaat menurunkan tekanan darah. Penelitian tersebut mengatakan, susu kedelai bisa menurunkan tekanan darah lebih baik ketimbang susu sapi untuk pasien hipertensi ringan sampai sedang. 

Maka dari itu, bagi kamu yang menderita hipertensi sangat dianjurkan untuk mengatur pola makan dengan cara mengonsumsi makanan yang baik untuk menjaga tekanan darah, seperti susu kedelai. 

9. Membantu Proses Pertumbuhan

Tumbuh kembang bayi

Photo :
  • U-Report

Manfaat susu kedelai berikutnya adalah untuk mendukung proses tumbuh kembang pada anak-anak yang tengah dalam masa pertumbuhan. Hal ini lantaran kandungan susu kedelai yang kaya akan protein. 

Protein tersebut memegang peranan penting dalam memberikan nutrisi untuk tubuh. Selain itu, susu kedelai juga menjadi salah satu sumber protein nabati yang terbaik. Selain karena mempunyai kandungan yang tinggi, susu ini juga sangat mudah dicerna oleh tubuh. 

10. Membantu Proses Pembekuan Darah

Luka

Photo :
  • Times of India

Selain berbagai manfaat yang disebutkan di atas, vitamin K dalam susu kedelai juga bermanfaat untuk proses pembekuan darah. Pembekuan darah ini diperlukan oleh tubuh untuk menyembuhkan luka dan cedera. 

Vitamin K yang ada di dalam susu kedelai mempunyai peran untuk menghasilkan protrombin, yaitu protein khusus yang memiliki fungsi untuk pembekuan darah dan juga metabolisme tulang. 

Talkshow Tentang Kalung Kesehatan

Manfaat Kalung Kesehatan, Solusi Nyata atau Sekadar Gaya?

Kalung kesehatan adalah sebuah perhiasan yang dikhususkan untuk meningkatkan kesehatan dan keamanan seseorang.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024