Pekerjaan Office Boy Bakal Digantikan Robot

Robot Samsung berteknologi 5G
Sumber :
  • dok: Samsung

VIVA – Kabar yang cukup mengejutkan datang dari Korea Selatan, di mana Samsung mengaku tengah mengembangkan jaringan komersial 5G pribadi untuk Naver, salah satu perusahaan teknologi terbesar di Korea Selatan.

iPhone 15 Pro Max bikin Apple Bisa Bernafas Lega

Naver sendiri merupakan perusahaan pengembangan teknologi, yang berpusat di Korea Selatan. Pada tahun 2021, tingkat penggunaan Naver sebagai mesin pencarian di Korea Selatan bahkan mengalahkan Google, dikutip dari situs Statista, Sabtu 4 Juni 2022.

Pelayanan baru tersebut yakni berbentuk robot yang akan mengitari kantor pusat Naver yang terletak di Seoul. Robot-robot ini akan bertugas layaknya office boy mengantarkan paket, minuman hingga makan siang kepada pegawai yang bekerja di sana.

Penjualan Tablet Sudah Ada Titik Terang

Nantinya ada sekitar 40 robot yang bakal mengitari tiga lantai, dan ini masih menjadi rencana awal saja. Pada khir tahun ini, bakal ada ratusan robot yang akan dipekerjakan di keseluruhan 36 lantai.

Robot Samsung berteknologi 5G

Photo :
  • dok: Samsung
Bukan Bea Cukai, Ini Pihak yang Unboxing Mainan Megatron Milik YouTuber Medy

Robot-robot ini terhubung dengan server cloud milik Naver, yang berperan sebagai otak. Sementara, jaringan 5G Samsung akan menjadi saraf yang menyambungkan antara robot dengan server cloud tersebut.

Mereka juga membuat replika dalam bentuk denah tiga dimensi dan kecerdasan buatan di dalam robot tersebut, hal ini ditujukan untuk membantu robot tersebut agar mereka dapat mempelajari dan mengarahkan dalam mengitari gedung secara lebih cepat.

Jaringan yang digunakan oleh robot-robot ini, nantinya akan mengimplementasikan Samsung Compact Core dan radio 5G, mendukung spektrum 4,7GHz dan 28GHz, yang didedikasikan untuk jaringan pribadi oleh otoritas Korea.

Kerja sama keduanya telah dimulai sejak Maret 2022, yang ditandai dengan penandatanganan MoU diantara kedua belah pihak untuk kolaborasi dalam mengembangkan jaringan 5G pribadi.

Vice President of Global Sales and Marketing, Network Business Samsung Electronics, Yong Chang mengatakan Samsung nantinya akan melanjutkan kerja sama ini dengan institusi pemerintahan, untuk mengimplementasikan pelayanan publik seperti sistem transportasi, rumah sakit dan sekolah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya