Mengejutkan! Ini 5 Misteri Planet Jupiter yang Ditemukan Ilmuwan

Planet Jupiter dengan empat Bulan sebagai satelitnya.
Planet Jupiter dengan empat Bulan sebagai satelitnya.
Sumber :
  • Instagram/@simply_telescope

VIVA – Misteri planet Jupiter, pesawat ruang angkasa Juno tiba di Jupiter pada 4 Juli 2016, setelah perjalanan hampir lima tahun dan 2,7 miliar km (1,7 miliar mil) dari Bumi. Ini akan menjadi sebuah wahana antariksa pertama yang mengorbit pada planet Jupiter sejak Galileo atau wahana lain turun ke atmosfer planet itu pada tahun 2003.

Jupiter menjadi planet tersbesar di tata surya kita ternyata masih banyak menyimpan misteri, lalu apa misteri-misteri tersebut? Kali ini Viva mengutip informasi dari Britanica sebagai berikut:

1. Bagaimana Jupiter Terbentuk?

Jupiter.

Jupiter.

Photo :
  • U-Report

Jupiter adalah planet paling masif di tata surya, dan karena sangat besar, ia menyimpan semua gas yang dibawanya sejak lahir. Tidak ada yang bisa lolos dari gravitasinya dengan merembes ke luar angkasa, seperti hidrogen di atmosfer Bumi.

Dengan mempelajari komposisi Jupiter, Juno akan dapat mengidentifikasi gas yang membentuk planet 4,5 miliar tahun yang lalu dan dengan demikian mungkin mempelajari bagaimana Jupiter terbentuk.

2. Apa yang Dilakukan Bintik Merah Besar di Jupiter?

Bintik merah pada Planet Jupiter.

Bintik merah pada Planet Jupiter.

Photo :
  • U-Report

Bintik Merah Besar adalah badai yang lebih besar dari Bumi (lebarnya sekitar 16.500 km [10.250 mil]) yang telah berputar setidaknya sejak tahun 1830-an dan bahkan mungkin sejak pertengahan abad ke-17.

Meskipun telah diamati selama berabad-abad, hampir tidak ada yang diketahui tentangnya. Apa yang memberi daya? Mengapa itu bertahan selama ratusan tahun? Juno akan mendapatkan pemandangan yang sangat dekat dari tempat itu, dari jarak hanya 4.600 km (3.000 mil), yang dapat menjernihkan misterinya.

3. Apakah Jupiter Memiliki Inti?

Ilustrasi Jupiter.

Ilustrasi Jupiter.

Photo :
  • U-Report

Tidak banyak yang diketahui tentang inti Yupiter, atau bahkan jika benar-benar memilikinya sama sekali. Para ilmuwan telah berspekulasi bahwa inti Jupiter kemungkinan adalah hidrogen yang telah diperas oleh atmosfer yang sangat berat di atasnya menjadi bentuk logam.

Saat kecepatan probe berubah saat mengorbit planet, frekuensi gelombang radio yang ditransmisikan Juno ke Bumi akan berubah. Dari perubahan tersebut, Juno akan mengukur medan gravitasi Jupiter dan struktur internalnya dengan tepat.

4. Bagaimana Medan Magnet Jupiter Dihasilkan?

Planet Jupiter

Planet Jupiter

Photo :
  • U-Report

Jupiter memiliki magnetosfer terbesar dari planet mana pun. Garis-garis medan magnet membentang di atas ruang 75 kali lebih besar dari planet itu sendiri. Juno penuh dengan instrumen untuk mempelajari partikel bermuatan yang terperangkap di medan magnet Jupiter.

Pengukuran ini bila digabungkan dengan studi struktur internal Jupiter yang dalam, tempat medan magnet dihasilkan—akan memberikan pemahaman yang jauh lebih baik tentang magnetosfer yang kuat ini.

5. Seperti Apa Kutub Jupiter?

Jupiter dan Saturnus.

Jupiter dan Saturnus.

Photo :
  • Tech Explorist

Juno akan berada di orbit kutub di sekitar Jupiter untuk menghindari pertemuan dengan sabuk radiasi planet yang kuat, yang dapat merusak pesawat ruang angkasa.

Dengan demikian, Juno akan menjadi wahana pertama yang melihat kutub Jupiter dari dekat. Daerah kutub Yupiter sangat menarik karena magnetosfer Yupiter yang kuat, yang menghasilkan aurora yang kuat. Oval aurora bahkan memiliki bintik-bintik dari mana arus plasma mengalir dari bulan Jupiter ke kutub planet ini.

Demikan informasi mengenai misteri temuawan planet Jupiter yang Viva dapat berikan.