4 Fakta Zombie Star, Bintang yang Hidup Lagi Setelah Ledakan

Bintang Zombie.
Sumber :
  • en.wikipedia.org

VIVA – Saat ini, nama Zombie Star banyak dibicarakan, apalagi di kalangan pecinta astronomi dan luar angkasa. Jika hanya mendengar namanya, pasti akan memunculkan kebingungan dan tanda tanya, apa itu Zombie Star atau Bintang Zombie? Dari namanya, bisa diduga bahwa bintang tersebut berhubungan dengan makhluk "setengah hidup" zombie. 

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Bintang ini masih menyimpan banyak misteri dan pengetahuan mengenai bintang ini masih sangat minim. Yuk, simak 4 fakta mengenai Zombie Star berikut ini : 

Apa Itu Zombie Star?

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Bintang Zombie

Photo :
  • en.wikipedia.org

Zombie Star atau Bintang Zombie adalah sejenis bintang yang tercipta ketika sebuah bintang meledak dalam Supernova Lax-Type. Namun, jika "seharusnya" bintang yang meledak ini mati, berbeda dengan Zombie Star yang tetap hidup dan tidak meredup. 

4 Sosok Jenderal Bintang 4 Kelahiran Tanah Sunda, Pernah Jadi KSAD dan Panglima TNI

Bisa Berubah jadi Vampire Star

Galaksi Ant 2 dapat dilihat samar-samar di sisi kanan gambar ini

Photo :
  • New Atlas

Bintang ini juga bisa berubah sebagai Vampire Star atau Bintang Vampir. Bukan tanpa alasan para ilmuwan memberikan julukan ini, bak seperti vampir yang menghisap darah dari manusia untuk hidup, bintang ini juga akan bisa kembali hidup dengan mengonsumsi bahan bakar dan energi dari bintang terdekatnya untuk menghidupkan kembali dirinya sendiri. 

iPTF14hls, Zombie Star Paling Terkenal

iPTF14hls

Photo :
  • Stockholms University

Bintang zombie yang paling terkenal adalah iPTF14hls. Bintang ini pertama kali muncul saat meledak di tahun 1954 dan 2014, dan diperkirakan telah "mati" lebih dari setengah abad yang lalu. iPTF14hls diyakini akan tetap cerah selama 600 hingga kemudian memudar.

Walau telah hidup dalam waktu yang sangat pnjang, namun hingga penelitian terbaru di 2014, setelah ledakan terakhir, peneliti menungkapkan bahwa bintang iPTF14hls belum ada tanda tanda akan mati dalam waktu dekat. 

Digunakan Ilmuwan Untuk Mempelajari Supernova

Supernova.

Photo :
  • http://www.isains.com/

Dengan mempelajari jenis bintang yang langka ini, para ilmuwan beharap untuk bisa belajar mengenai fenomena yang mengarah pada penciptaan bintang ini yaitu supernova, lebih dekat. Supernova, seperti bintang zombie, adalah kejadian langka dan seringkali sulit diamati bagi para astronot karena mereka hanya bisa dilihat dari galaksi yang jauh.

Dengan mempelajari bintang - bintang yang meledak, baik yang tetap hidup dan mati, para ilmuwan mengatakan mereka bisa melihat lebih dekat sesegera mungkin setelah supernova. Dalam sebuah laporan dari Scientific American yang diterbitkan pada 2019 lalu, seorang peneliti, yang tidak berafiliasi dengan paper, mempelajari bintang-bintang zombie itu mirip dengan memeriksa sisa - sisa dinosaurus kuno.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya