5 Fakta Bill Gates yang Ikhlas Donasi Rp300 Triliun

Bill Gates dan Melinda.
Sumber :
  • Global News

VIVA Tekno – Salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates, berjanji untuk mentransfer $ 20 miliar atau setara dengan Rp 300 triliun tambahan donasi dari kekayaan pribadinya kepada yayasan filantropisnya, dalam upaya untuk mendukung penyebab kematian anak, mengelola perubahan iklim, dan mencegah pandemi di masa depan.

Acer Swift Go 14 AI, Mudik Praktis dengan Si Tipis

Nah, ternyata donasi Bill Gates ini memili deretan fakta yang menarik, berikut Viva rangkum fakta tersebut dari berbagai sumber sebagai berikut:

1. Bill and Melinda Gates Foundation

Patterns of Hope, Acara Kemanusiaan dari Generasi Muda Jakarta

Ketua Bill & Melinda Gates Foundation, Melinda Gates

Ketua Bill & Melinda Gates Foundation, Melinda Gates

Photo :
  • ANTARA FOTO/ICom/AM IMF-WBG/Nyoman Budhiana
Cerita Tantowi Yahya dan Ikke Nurjanah yang Menjenguk Hamdan ATT

Dana tersebut berarti Bill and Melinda Gates Foundation, yang dinamai menurut nama miliarder dan mantan istrinya, akan mengucurkan $9 miliar lagi per tahun pada 2026, naik dari sekitar $6 miliar hari ini.

Gates mengatakan ada beberapa "kemunduran global besar" baru-baru ini, termasuk pandemi virus corona, invasi Rusia ke Ukraina, dan perpecahan politik yang parah di Amerika Serikat.

“Krisis besar di zaman kita mengharuskan kita semua untuk berbuat lebih banyak,” tulisnya dalam posting blog panjang yang diterbitkan Rabu, 13 Juli 2022. Gates adalah orang terkaya keempat di dunia, menurut Bloomberg Billionaires Index.

2. Fokus Mengembangkan Obat

Inggris akan bakar alat pelindung dan properti tak terpakai pada masa pandemi

Photo :
  • AP Photo/Jon Super, FIle

Yayasan Gates berfokus pada pengembangan obat-obatan infeksi pernapasan, serta memperluas pengiriman suntikan vaksin.

Gates juga mengatakan dia yakin polio bisa diberantas dalam waktu empat tahun. Cacar, yang dinyatakan oleh pejabat kesehatan global dihilangkan pada tahun 1980, adalah satu-satunya penyakit yang telah sepenuhnya terhapus.

3. Produksi Pangan Afrika

Voodoo Afrika di lapangan sepakbola

Photo :

Sumber daya baru juga akan mendukung peningkatan produksi pangan di Afrika, katanya, mengubah benua dari pengimpor makanan sehat menjadi pengekspor makanan sehat. Upaya tersebut dapat mengurangi deforestasi dan membantu dunia beradaptasi dengan lebih baik terhadap perubahan iklim, tulisnya.

4. Area fokus lainnya termasuk kesetaraan gender, pendidikan dan energi hijau

In Equality Gender

Photo :
  • vstory

Gates Foundation telah menghabiskan hampir ratusan triliun sejak tahun 2000 untuk tujuan-tujuan yang mencakup memerangi malaria, HIV/AIDS, dan virus corona. Pengeluaran telah meningkat tajam, bahkan Yayasan berencana untuk mengucurkan tambahan uang berjumlah ribuan trilun pada tahun 2026.

5. Didukung oleh Mentor

Warren Buffett

Photo :
  • http://www.clickhole.com

Gates mencatat bahwa yayasannya sebagian besar didukung oleh mentornya dan sesama miliarder Warren Buffett. Bulan lalu, Buffett juga memberikan triliunan rupiah kepada yayasan tersebut.

Gates dan French Gates telah menyumbangkan ribuan triliun rupiah untuk yayasan mereka dan iterasi sebelumnya sejak 1994.

"Saat saya melihat ke masa depan, rencana saya adalah memberikan semua kekayaan saya ke yayasan selain yang saya belanjakan untuk diri saya dan keluarga saya," kata Gates. "Saya akan turun dan akhirnya keluar dari daftar orang terkaya di dunia."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya