Pemandangan Mengerikan, Lubang Hitam sedang Melahap Bintang

Lubang hitam melahap bintang.
  • Nasa.gov

VIVA – Baru-baru ini, kosmik telah mengungkapkan detail mengerikan dari lubang hitam yang tengah memakan benda langit lainnya.

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Dalam sebuah studi terbaru, para astronom tengah mempelajari penghancuran bintang supermasif yang dilakukan oleh lubang hitam, mengungkapkan bagaimana raksasa kosmik ini mengkonsumsi materi dari benda-benda yang menjelajah terlalu dekat dengan mereka.

Skenario mengerikan ini terjadi berjarak 215 juta tahun cahaya dari Bumi dan untuk pertama kalinya diamati pada Oktober 2019 dan merupakan akibat dari bintang mirip matahari yang dihancurkan oleh lubang hitam yang massanya lebih dari 1 juta kali massanya, mengutip dari situs Space, Kamis, 21 Juli 2022.

Ini adalah contoh terdekat dari benda bintang yang "terbentuk" oleh gaya pasang surut besar yang dihasilkan oleh lubang hitam yang pernah dilihat oleh para astronom.

Apa yang disebut peristiwa gangguan pasang surut (TDE) ini terjadi di galaksi spiral di konstelasi Eridanus dan itu merupakan peristiwa pertama dari jenis ini yang cukup terang dalam cahaya tampak untuk memungkinkan para astronom mempelajari detail tentang apa yang terjadi pada materi dari bintang setelah diiris oleh lubang hitam.

4 Sosok Jenderal Bintang 4 Kelahiran Tanah Sunda, Pernah Jadi KSAD dan Panglima TNI

Dengan mengamati polarisasi cahaya dari peristiwa tersebut, para peneliti di University of California, Berkeley, menyimpulkan bahwa sebagian besar materi bintang tersebut diledakkan dari lubang hitam dengan kecepatan hingga 22 juta mph (35 juta kph).

Ledakan ini?, bernama AT2019qiz, menciptakan awan gas yang menurut pengamatan baru dari cahaya terpolarisasi ini berbentuk bola simetris. Awan gas ini selebar 200 kali jarak rata-rata dari Bumi ke Matahari. Ini berarti radiusnya 100 kali lebih besar dari orbit planet bumi, dan tepi luarnya sekitar 930 juta mil (1,5 miliar kilometer) dari pusat lubang hitam.

"Salah satu hal paling gila yang bisa dilakukan lubang hitam supermasif adalah menghancurkan bintang dengan gaya pasang surutnya yang sangat besar," kata Wenbin Lu, astronom di UC Berkeley dalam sebuah pernyataan.

“Peristiwa gangguan pasang surut bintang ini adalah salah satu dari sedikit cara para astronom mengetahui keberadaan lubang hitam supermasif di pusat galaksi dan mengukur sifat-sifatnya. Namun, karena biaya komputasi yang ekstrem dalam mensimulasikan peristiwa tersebut secara numerik, para astronom masih belum memahaminya. proses rumit setelah gangguan pasang surut." tambahnya.

Temuan baru ini dapat menjelaskan mengapa para astronom tidak melihat emisi energi tinggi, seperti sinar-X, dari TDE lainnya. Emisi semacam itu tercipta saat material dari bintang terseret ke piringan tipis di sekitar lubang hitam. Bahan ini dipanaskan di dalam cakram yang menghasilkan emisi energi tinggi yang juga terjadi ketika bahan tersebut jatuh ke dalam lubang hitam. Emisi ini dikaburkan oleh awan gas yang dihembuskan oleh angin kencang.

Pengamatan ini mengesampingkan kelas solusi yang telah diusulkan secara teoritis dan memberi kita batasan yang lebih kuat pada apa yang terjadi pada gas di sekitar lubang hitam," ujar Kishore Patra, penulis utama makalah dalam pernyataannya.

"Fakta menarik di sini adalah bahwa sebagian besar materi di bintang yang berputar ke dalam tidak akhirnya jatuh ke dalam lubang hitam?. Tetapi, terhempas dari lubang hitam," tambah Patra.

Hasilnya tampaknya bertentangan dengan teori yang diajukan oleh banyak astronom yang menyatakan, ketika sebuah bintang dihancurkan oleh lubang hitam, piringan akresi yang sangat asimetris terbentuk. Disk semacam itu akan menunjukkan tingkat cahaya terpolarisasi yang tinggi.

Rangkaian pengamatan kedua dari peristiwa ini dilakukan pada November 2019 menunjukkan bahwa cahaya darinya hanya mengalami sedikit terpolarisasi. Temuan ini menunjukkan bahwa awan gas dari material yang dikeluarkan telah cukup tipis untuk mengungkapkan struktur gas asimetris di sekitar lubang hitam.

Patra menambahkan, "skenario kematian" yang diamati tim untuk bintang ini mungkin tidak berlaku untuk TDE "aneh" di mana pancaran material dikeluarkan dengan kecepatan mendekati cahaya hanya dari kutub lubang hitam. Untuk menjawab pertanyaan ini, studi polarisasi lebih lanjut dari TDE ini diperlukan.

"Studi polarisasi sangat menantang, dan sangat sedikit orang yang cukup berpengalaman dalam teknik di seluruh dunia untuk memanfaatkan ini," kata Petra. "Jadi, inih wilayah seni untuk peristiwa gangguan pasang surut."

Adapun, Kedua set pengamatan ini dilakukan menggunakan teleskop Shane 3 meter (10 kaki) di Lick Observatory dekat San Jose, California dan teleskop ini dilengkapi dengan spektrograf Kast, instrumen yang dapat menentukan polarisasi cahaya pada spektrum optik penuh.