INFOGRAFIK: Data Pribadi Para Pejabat Jadi Sasaran Bjorka

Hacker Bjorka bocorkan data para pejabat
Sumber :

VIVA – Setelah membocorkan data beberapa lembaga, hacker Bjorka merambah data pribadi para pejabat negara. Data para pejabat itu pun dibocorkan Bjorka, dari surat dan dokumen Presiden Joko Widodo, sampai beberapa menteri seperti Luhut Binsar Pandjaitan.

Ketua KPU Disidang Lagi di DKPP, Pelapor Minta Sanksinya Dipecat

Sejak akhir Agustus, nama Bjorka trending di media sosial. Tak lain karena postingannya yang mengumbar data-data penting, dimulai dari milik Indihome. Data 26 juta riwayat pencarian pelanggan Indihome yang bocor itu terdapat Nomor Induk Kependudukan (NIK).        

Lalu, ia juga menyebut ada kebocoran data 105 juta penduduk RI di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ia bukan hanya menyebut, tapi juga memiliki data itu. Bahkan, ia membagikan 2 juta data KPU di Breached Forums secara gratis.

Ketua KPU dan Jajaran Diperiksa DKPP Buntut Dugaan Kebocoran Data Pemilih Hari Ini

Tak puas, Bjorka merambah data pribadi para pejabat. Dimulai dari surat dan 600 ribu dokumen Presiden Joko Widodo. Data pribadi Ketua DPR RI Puan Maharani dan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tak ketinggalan ikut diungkap. Data pribadi itu berisi NIK, nomor ponsel atau HP, alamat, pendidikan, vaksin dan lain-lain.

Lembaga mana saja dan siapa saja para pejabat yang datanya dibocorkan Bjorka, silakan disimak dalam Infografik di bawah ini.

Daftar Kasus Kebocoran Data di Indonesia Sepanjang 2023

Ilustrasi Biznet.

Biznet Belum Merespons Kemenkominfo

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah menyurati penyedia layanan internet Biznet terkait dugaan kebocoran 380 ribu data pelanggan.

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2024