Sektor Ini Harus Dijaga, Indonesia Jangan Sampai Diperdaya

Ilustrasi laut Indonesia.
Ilustrasi laut Indonesia.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Indonesia dan Vietnam melakukan pertemuan teknis penetapan batas Zona Ekonomi Eksklusif atau ZEE, yaitu wilayah yang luasnya 200 mil laut dari garis dasar pantai sebuah negara di Hanoi, Vietnam.

Sampai saat ini, pertemuan teknis kedua negara sudah berlangsung sebanyak 14 kali sejak 2010. Pertemuan terakhir dilaksanakan di Jakarta pada 14-16 Juli tahun ini.

Pada pertemuan teknis ke-15 yang dilaksanakan di ibu kota Vietnam pada pekan ini diharapkan dapat mencapai hasil yang menguntungkan Indonesia.

Tim Teknis Indonesia wajib terus berjuang untuk mendapat tawaran terbesar. Pentingnya batas ZEE ini lantaran masalah perundingan kedua negara tersebut semakin memanas dan sudah menjadi perhatian publik dan DPR.

Selain itu, konsesi besar yang dibuat Indonesia dalam perundingan ini juga dituding DPR berpotensi merugikan industri perikanan karena Indonesia telah memberikan konsesi bagi Vietnam.

Sedangkan, Vietnam telah meninggalkan posisi dasar single boundary line. Dengan demikian, Indonesia kehilangan potensi sumber daya ikan dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) akibat berkurangnya batas ZEE.

Peta wilayah Indonesia yang dilalui Gerhana Matahari Cincin

Peta wilayah Indonesia yang dilalui Gerhana Matahari Cincin

Photo :
  • www.bmkg.go.id