Makam Ini Buktikan Gendongan Bayi Telah Digunakan Sejak Purbakala

Ilustrasi Penemuan Pemakaman Bayi di Masa Lampau di Italia.
Ilustrasi Penemuan Pemakaman Bayi di Masa Lampau di Italia.
Sumber :
  • Sciencealert.com

VIVA Tekno – Sebuah penemuan baru pada pemakaman bayi di Eropa menunjukkan, manusia membawa anak-anak mereka dengan gendongan sejak 10.000 tahun yang lalu.

Para peneliti menemukan kuburan di gua Arma Veirana Italia pada tahun 2017 silam. Temuan tersebut sekaligus juga menguatkan dugaan bahwa gendongan bayi banyak digunakan pada zaman prasejarah.

Sejak itu, bayi yang dikubur itu dijuluki "Neve", dan giginya menunjukkan bahwa dia adalah anak perempuan tertua yang dikebumikan di Eropa, mengutip dari situs Sciencealert, Jumat, 30 September 2022.

Komunitas Neve biasanya membaringkan dengan manik-manik dalam jumlah banyak, menunjukkan bahwa dia sangat dicintai dan dihormati.

Saat ini, analisis baru tentang isi kuburan dan posisi anak itu menunjukkan bahwa orang dewasa membawa Neve selama hidupnya yang singkat, terbungkus dalam gendongan yang dihiasi cangkang.

Tidak ada yang tersisa dari bungkusnya hari ini, tetapi cangkang yang mengelilingi Neve dilubangi sedemikian rupa sehingga menunjukkan seseorang merangkai cangkang dan menjahitnya pada tekstil, bulu, atau kulit.

Bahan-bahan ini berkemungkinan membentuk selempang, atau bisa berupa selimut atau pakaian dalam.