Menkominfo Minta Masyarakat Pakai TV Digital: Mau Piala Dunia

Menkominfo RI, Johnny G. Plate
Sumber :
  • Dok. Humas Kominfo

VIVA Tekno – Menjelang suntik mati tv analog dan beralih ke digital, atau analog switch off (ASO) pada 2 November mendatang, Menteri Komunikasi dan Informatika atau Menkominfo Johnny G Plate gencar mengajak masyarakat untuk secepatnya menggunakan tv digital.

Kemenkominfo Gratiskan IDTH untuk UMKM

Salah satunya adalah alasan akan hadirnya gelaran besar Piala Dunia yang akan digelar kurang lebih dua bulan lagi di Qatar, sehingga masyarakat didorong untuk memasang set top box (STB).

“Nanti, pada bulan November-Desember ada Piala Dunia di Qatar. Kalau sudah TV digital kan lebih enak nontonnya. Jadi, segeralah pasang STB,” kata dia di Jakarta, Jumat, 7 Oktober 2022.

Habiskan Anggaran Hampir Rp1 Triliun, Apa Saja Fasilitas yang Dimiliki IDTH Kemenkominfo

Kemudian, Menkominfo juga meminta penyelenggara multipleksing agar STB tersebut segera didistribusikan dan segera dipasangkan pada televisi-televisi milik masyarakat.

“Sedangkan kami juga minta penyelenggara multipleksing supaya STB-STB yang dibagikan itu bisa didistribusikan dan dipasang segera di tv masyarakat,” papar Johnny G Plate.

Jokowi Semringah Resmikan Balai Terbesar se-Asia Tenggara di Depok

Sebagai informasi tambahan, suntik mati TV analog akan dilaksanakan serentak pada 2 November 2022 sesuai dengan amanat Undang-Undang Cipta Kerja.

Lebih lanjut ia meminta agar seluruh lapisan masyarakat saling bahu-membahu dalam proses peralihan ini mengingat penerapan ASO bukanlah perkara yang mudah.

“Jadi, marilah kita kerja bersama-sama. ASO bukan pekerjaan yang gampang. Apalagi di negara yang sebesar Indonesia yang terdiri dari kepulauan yang sangat banyak,” tutur Menkominfo Johnny G Plate.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya