Ribuan Karyawan Kontrak Twitter juga Kena Sapu Elon Musk

Ilustrasi Twitter.
Sumber :
  • Alex Castro

VIVA Tekno – Setelah merumahkan 50 persen karyawan perusahaan, Elon Musk mengalihkan perhatiannya ke pekerja kontrak Twitter. Menurut laporan terpisah dari Casey Newton dan Axios dari Platformer, perusahaan tersebut mulai mengurangi staf kontingennya pada Sabtu sore. 

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Setelah periode ketidakpastian tentang skala pemutusan hubungan kerja (PHK), Newton menyebutkan jumlahnya sekitar 4.400 orang yang terkena dampak. Langkah ini diharapkan berdampak signifikan terhadap kemampuan Twitter untuk memoderasi konten dan menjaga agar platformnya tetap berjalan.

Twitter juga tampaknya tidak memberikan pemberitahuan kepada mereka yang kehilangan pekerjaan akhir pekan ini. Banyak yang mengetahui bahwa mereka tidak bekerja untuk perusahaan setelah tiba-tiba kehilangan akses ke sistem internal Twitter. 

Ratusan Karyawan PT PRLI Demo Lagi, Minta MA Lakukan Penggantian Majelis Hakim

“Salah satu kontraktor saya baru saja dinonaktifkan tanpa pemberitahuan di tengah membuat perubahan penting pada alur kerja keselamatan anak kami,” seorang manajer memposting di Slack perusahaan, menurut Newton. 

Sementara yang lain mengetahuinya dengan membaca laporan tentang pemotongan tersebut. Beberapa pekerja sekarang khawatir mereka mungkin tidak dibayar untuk dua minggu terakhir kerja mereka. Setelah PHK 4 November, banyak kontraktor berakhir di tim tanpa staf penuh waktu dan tanpa ada yang menandatangani lembar waktu mereka.

Harta Kekayaan Elon Musk Lenyap Rp 45 Triliun dalam Sekejap, Ini Penyebabnya

Elon Musk dan Twitter.

Photo :
  • Getty Images

Perusahaan dilaporkan memotong seluruh departemen komunikasinya selama reorganisasi yang baru-baru ini dilakukan, menurut situs Engadget, Senin, 14 November 2022.

Pada hari Rabu, platform mulai meluncurkan langganan Twitter Blue baru dengan lencana verifikasi. Tapi kurang dari dua hari, itu kemudian ditangguhkan karena dikuasai oleh troll. Musk juga dilaporkan memberi tahu karyawan bahwa Twitter kehilangan begitu banyak uang.

Berbicara pada pertemuan all-hands, Musk mengatakan bahwa Twitter kehilangan begitu banyak uang. Namun kebangkrutan tidak akan terjadi jika perusahaan dapat menghasilkan lebih banyak uang daripada yang dibelanjakan.

“Kami tidak dapat menskalakan hingga satu miliar pengguna dan mengambil kerugian besar di sepanjang jalan, itu tidak layak. Tetapi jika Anda memiliki produk yang menarik, orang akan membelinya. Itu adalah pengalaman saya di SpaceX dan Tesla,” katanya. 

Twitter belum menghasilkan keuntungan sejak 2019 dan pendapatan iklan telah menurun secara signifikan sejak pengambilalihan Musk karena pengiklan mundur dari platform. 

Di semua sisi, Musk mengatakan Twitter dapat memiliki 'arus kas negatif bersih beberapa miliar dolar AS’ pada 2023, menurut sumber anonim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya