Seberapa Penting Keberadaan Data Center di Indonesia

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kominfo, Ismail.
Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kominfo, Ismail.
Sumber :
  • Kominfo

VIVA Digital – Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Ismail menegaskan bahwa pusat data (data center) merupakan salah satu komponen paling penting dalam pembangunan ekonomi digital.

"Data center adalah salah satu komponen paling penting infrastruktur digital yang akan mendukung akselerasi Strategi Transformasi Digital Nasional Indonesia dan mendorong pertumbuhan ekonomi digital domestik," kata Ismail di Jakarta, Rabu malam, 23 November 2022.

Ia juga menuturkan jika Pemerintah Indonesia fokus pada Digital Transformation Strategies, termasuk Pusat Dana Nasional, Intra-Government Networks and Integrated Electronic Based Government Systems (SPBE).

Menurutnya, pemerintah telah menargetkan untuk menyelesaikan pembangunan empat Pusat Data Nasional pada 2025 untuk mengintegrasikan dan mendorong operasi seluruh lembaga-lembaga pemerintah di Indonesia.

"Cloud First Policy akan digunakan untuk meningkatkan performa e-governance dan mengurangi biaya secara simultan," ujar Ismail, menambahkan.

Dalam empat tahun terakhir, investasi digital Indonesia diklaim mencapai level tertinggi di Asia Tenggara, yaitu sebesar US$4,7 miliar (Rp73,5 triliun).

Hal itu menjadikan Indonesia sebagai tujuan investasi terpopuler di kawasan. Indonesia juga diharapkan bisa menggandakan nilai ekonomi menjadi US$146 miliar (Rp2.285 triliun) pada 2025 dari US$70 miliar (Rp1.095 triliun) di tahun lalu.