Penderita Diabetes Tetap Bisa Menikmati 'Manisnya' Hidup

Diabetes.
Sumber :
  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

VIVA Digital – Diabetes menjadi salah satu penyakit kronis penyebab kematian tertinggi di Indonesia. International Diabetes Federation (IDF) memperkirakan jumlah penderita diabetes di Tanah Air bisa mencapai 28,57 juta jiwa pada 2045.

Kenali 7 Tanda Diabetes pada Anak Muda, Jangan Sepelekan Keluhan Ini

Jumlah ini lebih besar 47 persen dibandingkan dengan jumlah 19,47 juta jiwa pada 2021. Data ini pula yang menempatkan Indonesia berada di peringkat ke-5 sebagai negara dengan jumlah penderita diabetes terbesar di dunia.

Munculnya penyakit Diabetes ditandai dengan tingginya kadar gula atau glukosa dalam darah. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia, akan tetapi, pada penderita diabetes, glukosa tersebut tidak dapat digunakan oleh tubuh.

Tak Kalah Canggih, Perkembangan Stem Cell di Indonesia Bisa Atasi Penyakit Genetik Hingga Kanker

Diabetes.

Photo :
  • Express.co.uk
dr Tirta Ungkap Minuman Manis Kemasan Biang Keladi Diabetes untuk Anak Muda

Kadar gula dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi pankreas. Namun, pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh.

Tanpa insulin, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi. Secara umum, diabetes dibedakan menjadi dua tipe. Diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Diabetes tipe 1 terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang paling banyak terjadi, yakni sekitar 90–95 persen.

Penyakit kencing manis pada tipe kedua ini terjadi ketika sel-sel tubuh menjadi kurang sensitif terhadap insulin, sehingga insulin yang dihasilkan tidak bisa digunakan dengan baik.

Umumnya, penderita diabetes akan membatasi, atau bahkan, menghindari segala jenis makanan dan minuman manis.

Diabetes.

Photo :
  • Eat This

"Hal ini tentu membuat mereka tidak bisa menikmati makanan atau minuman favoritnya," kata Jane Kurnia, Health Food Specialist CNI, dalam keterangan resminya, Senin, 28 November 2022.

Menurut dia, selama kadar gula darah dapat terkontrol dan tetap menjaga pola makan, maka penderita diabetes bisa tetap menikmati manisnya hidup.

Dengan begitu, para penderita diabetes saat ini tidak perlu khawatir, namun tetap diiringi menjalankan pola hidup sehat.

"Ada suplemen enzim komplek Well3 L.E.A.F menjadi solusi penderita diabetes. Suplemen ini tanpa bahan tambahan apapun yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan enzim yang menjadi kunci semua proses metabolisme di dalam tubuh,” tutur Jane.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya