Supernova Baru Ditemukan, Bisa Acak-acak Atmosfer Planet

Ledakan Supernova.
  • space.com

VIVA Tekno – Supernova dapat menghancurkan biosfer dan membanjiri planet dengan radiasi yang mematikan. Studi ini menambahkan potensi ancaman baru berupa jenis supernova khusus yang dapat menghancurkan lapisan ozon planet bertahun-tahun setelah ledakan awal.

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Ketika bintang raksasa mati dalam ledakan besar yang disebut supernova, itu untuk sementara menjadi beberapa objek paling bercahaya di alam semesta. Supernova tunggal dapat mengungguli cahaya gabungan dari ratusan miliar bintang.

Misalnya saja, bintang terdekat Betelgeuse akan meledak kapan saja. Meskipun bintang itu berjarak lebih dari 600 tahun cahaya dari kita, ketika menjadi supernova, itu akan menjadi objek paling terang di langit kita, kedua setelah Matahari.

Kapan Bumi Kiamat?

Betelgeuse akan terlihat pada siang hari, bersinar lebih terang dari bulan purnama. Selama beberapa minggu, saat puncak ledakan, Itu akan menjadi sangat terang sehingga menimbulkan bayangan di tengah malam.

Terlepas dari kecemerlangannya yang menakutkan, bagian cahaya yang tampak dari supernova hanya mewakili sebagian kecil dari semua keluaran energi. Selain itu, cahaya tampak dalam jumlah yang kuat dapat menyebabkan kebutaan dan yang lebih mengkhawatirkan adalah radiasi berenergi tinggi yang terkait dengan supernova biasanya dalam bentuk sinar-X dan sinar gamma.

Ledakan supernova dari bintang raksasa.

• Space.com

Radiasi berenergi tinggi dapat mengkatalisasi oksigen, mengikis lapisan ozon pelindung bumi. Tanpa lapisan ozon, kehidupan di permukaan planet kita akan mengalami ledakan penuh radiasi ultraviolet dari Matahari, yang dapat menyebabkan kepunahan.

Ledakan radiasi terjadi dalam beberapa detik pertama supernova. Ancaman yang lebih besar akan datang kemudian. Sinar kosmik yang merupakan partikel subatomik dapat dipercepat hingga mendekati kecepatan cahaya yang akhirnya meledak dari pusaran ratusan atau ribuan tahun kemudian.

Peristiwa itu akan membawa sebagian kecil dari total energi supernova dan mereka juga dapat melucuti lapisan ozon serta merendam permukaan planet dalam radiasi yang mematikan, menurut situs Space, Senin, 2 Januari 2023.

Berdasarkan ancaman yang ditimbulkan oleh sinar gamma dan sinar kosmik, para astronom telah menyimpulkan bahwa kita relatif aman karena tidak ada kandidat supernova terdekat yang dapat mengancam kehidupan di Bumi.

Tetapi para astronom telah menemukan potensi bahaya baru, yang mereka jelaskan dalam makalah yang diposting ke database pracetak arXiv pada bulan Oktober yakni kelas supernova tertentu yang dapat melepaskan radiasi mematikan ekstra jarak jauh yang menimbulkan bahaya serius bagi Bumi.

Bumi dan Matahari yang dilihat dari luar angkasa.

• Getty Images

Kelas khusus supernova ini terjadi ketika sebuah bintang yang mendekati akhir hidupnya dikelilingi oleh piringan material yang tebal. Setelah ledakan supernova awal, gelombang kejut terbentuk dan menghantam cakram tersebut. Gelombang kejut memanaskan piringan ke suhu yang sangat tinggi, menyebabkan piringan memancarkan radiasi sinar-X dalam jumlah besar.

Radiasi ini dapat membawa energi dalam jumlah besar dan menempuh jarak yang sangat jauh. Dalam studi baru-baru ini, para astronom menemukan bahwa supernova sinar-X yang paling terang dapat membanjiri lapisan ozon planet, menipiskannya hingga 50 persen yang lebih dari cukup untuk memicu peristiwa kepunahan, hingga jarak yang luar biasa dari 150 cahaya.

Supernova semacam ini akan menciptakan pukulan satu-dua yang mematikan. Berbulan-bulan atau bertahun-tahun setelah ledakan awal, sebuah planet yang rentan akan dihantam oleh sinar-X. Kemudian, ratusan atau ribuan tahun kemudian, sinar kosmik akan datang, menyelesaikan pekerjaannya sebelum biosfer sempat pulih dan mengisi kembali lapisan pelindungnya.

Untungnya Bumi akan tetap aman karena tidak ada calon supernova sinar-X di dekatnya. Namun studi baru ini menempatkan batasan lebih lanjut pada zona layak huni galaksi, wilayah di setiap galaksi yang dapat mendukung kehidupan.

Di bagian terluar galaksi, pembentukan bintang terlalu rendah untuk membangun bahan-bahan yang diperlukan untuk planet berbatu. Tetapi inti yang padat, tempat bintang hidup dan mati dengan kecepatan yang hingar-bingar juga mematikan karena seringnya supernova membanjiri sekelilingnya dengan radiasi.

Studi baru menunjukkan bahwa tepi dalam zona layak huni galaksi mungkin lebih jauh dari inti galaksi daripada yang kita duga sebelumnya. Meskipun tertabrak di sana-sini, Bumi berada di salah satu lingkungan teraman di seluruh galaksi.