Lubang Hitam Kembar Makan Sisa-sisa Galaksi

Lubang hitam atau black hole.
Sumber :
  • Russia Today

VIVA Tekno – Dua lubang hitam telah ditemukan mengunyah materi yang berdampingan dengan jantung dua galaksi yang menyatu, menunjukkan bahwa lubang hitam biner mungkin lebih umum daripada yang diperkirakan para ilmuwan. 

Grup BUMI Borong 9 Penghargaan Terbaik di CSR dan PDB Awards 2024, Langsung Diserahkan Wapres RI

Para peneliti melaporkan temuan tersebut pada 9 Januari di The Astrophysical Journal Letters dan pada pertemuan ke-241 American Astronomical Society, yang diadakan di Seattle. 

Mereka menemukan duo penghancur di UGC 4211, sebuah galaksi yang berjarak 500 juta tahun cahaya di konstelasi Cancer, merupakan hasil dari penggabungan dua galaksi terpisah. 

Kapan Bumi Kiamat?

UGC 4211 sedang dalam tahap akhir dari penggabungan ini. Mungkin saja suatu hari nanti galaksi Bima Sakti kita akan mengalami tabrakan serupa dengan galaksi Andromeda di dekatnya, menurut situs Live Science, Kamis, 12 Januari 2023.

Menggunakan Atacama Large Millimeter/submillimeter Array (ALMA), susunan teleskop yang mampu mengintip melewati awan debu dan gas ke jantung galaksi yang sangat jauh, para peneliti menemukan bahwa galaksi ini berlabuh di pusatnya, tidak hanya satu, tetapi dua lubang hitam supermasif.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

"Studi kami telah mengidentifikasi salah satu pasangan lubang hitam terdekat dalam penggabungan galaksi, dan karena kami tahu bahwa penggabungan galaksi jauh lebih umum di alam semesta yang jauh, binari lubang hitam ini juga mungkin jauh lebih umum daripada yang diperkirakan sebelumnya," kata penulis utama Michael Koss.

Temuan ini berimplikasi pada sesuatu yang ditemukan saat astronom menyelidiki alam semesta untuk gelombang gravitasi. Riak dalam ruang-waktu disebabkan oleh proses dramatis seperti lubang hitam yang bertabrakan satu sama lain.

"Mungkin ada banyak pasangan lubang hitam supermasif yang tumbuh di pusat galaksi yang belum dapat kami identifikasi sejauh ini. Jika demikian, dalam waktu dekat kita akan sering mengamati peristiwa gelombang gravitasi yang disebabkan oleh penggabungan benda-benda di seluruh alam semesta,"  kata penulis studi Ezequiel Treister.

Penggabungan galaksi sering diamati, terutama di alam semesta yang jauh dari Bima Sakti. Melihat peristiwa-peristiwa ini tidak mudah karena jarak dan puing-puing gas berdebu antara Bumi dan pusat bercahaya.

Para peneliti menggabungkan pengamatan dari Observatorium Sinar-X Chandra, Teleskop Luar Angkasa Hubble dan Observatorium Keck di Hawaii, yang semuanya menyediakan data dalam panjang gelombang berbeda, memungkinkan untuk melihat secara mendetail galaksi yang digabungkan.

lubang hitam LB-1

Photo :
  • U-Report

"Setiap panjang gelombang menceritakan bagian cerita yang berbeda. Sementara pencitraan optik berbasis darat menunjukkan kepada kita seluruh penggabungan galaksi, Hubble menunjukkan kepada kita wilayah nuklir pada resolusi tinggi," jelasnya.

Pengamatan sinar-X mengungkapkan bahwa setidaknya ada satu inti galaksi aktif dalam sistem. Sementara ALMA menunjukkan kepada kita lokasi yang tepat dari dua lubang hitam supermasif yang tumbuh dan lapar.

"Tabrakan Bima Sakti-Andromeda masih dalam tahap sangat awal dan diperkirakan akan terjadi sekitar 4,5 miliar tahun lagi," kata Koss. 

Peneliti mempelajari sumber pada tahap akhir tabrakan. Jadi apa yang kita lihat menandakan penggabungan itu dan juga memberi kita wawasan tentang hubungan antara lubang hitam yang bergabung dan tumbuh serta akhirnya menghasilkan gelombang gravitasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya