5 Alasan Kucing Sering Menjilati Dirinya Sendiri

Kucing suka grooming
Sumber :
  • Instagram @jessieandjosiesnuggles

VIVA Tekno – Mungkin kamu sering melihat kucing peliharaan suka menjilati bulu atau tubuhnya sendiri. Hal itu ternyata memang normal lantaran kucing dapat menghabiskan sebanyak 50% dari waktunya saat terbangun untuk merawat dirinya sendiri (atau kucing lain).

Menjaga Kesehatan Hewan Peliharaan Ala Nagita Slavina

Oleh karena itu, kucing bisa disebut sebagai hewan yang sangat bersih. Namun, tak selalu hanya untuk membersihkan tubuhnya, ternyata kucing yang kerap menjilati tubuhnya juga memiliki alasan lain. Apa itu? Simak penjelasannya berikut ini tentang mengapa kucing menjilati tubuhnya yang dilansir dari The Spruce Pets. 

1. Membersihkan Tubuh 

Viral Petugas GBK Masukkan Kucing Liar ke Kantong Plastik yang Terikat, Pihak Pengelola Buka Suara

Ilustrasi kucing

Photo :
  • VIVA/Bimo Aria

Pekerjaan pertama dari induk kucing setelah melahirkan adalah mengeluarkan kantung ketuban. Sehingga saat lahir, induk kucing akan menjilat anak kucing dengan lidahnya yang kasar untuk membantu merangsang pernapasannya. 

Robby Purba Minta Maaf, Begini Respons Sekuriti Pukul Anjing yang Diviralkan

Nantinya, saat anak kucing mulai menyusu, mereka akan merangsang anak kucing tersebut untuk buang air kecil dan besar dengan cara menjilati ujung belakangnya. Kemudian anak kucing akan meniru induknya, mereka mulai membersihkan diri sendiri saat  sudah berusia beberapa minggu. Mereka juga akan cenderung saling menjilat dan membersihkan satu sama lain.

2. Membersihkan Luka

Kucing pasir timur tengah

Photo :
  • Instagram/cincinnatizoo

Secara naluriah kucing akan menjilati area tubuhnya yang sakit atau meradang, termasuk luka. Meskipun pada awalnya mungkin terlihat membantu kucing untuk membersihkan kotoran dan darah, namun kucing yang menjilati tubuhnya secara berlebihan dapat menyebabkan infeksi dan menghambat penyembuhan luka.

3. Untuk Menyembunyikan Bau dari Predator

kucing maine coon

Photo :
  • Nortlio/Wikimedia

Seperti diketahui, indera penciuman kucing empat belas kali lebih kuat daripada manusia. Sebagian besar predator, termasuk kucing melacak mangsa melalui aroma. Seekor induk kucing di alam liar akan berusaha menyembunyikan anak-anaknya yang masih kecil dengan menjilatinya untuk menyamarkan bau. Kucing akan membersihkan dirinya sendiri dengan secara menyeluruh setelah menyusui. 

4. Grooming dan melindungi tubuh

Olivia Benson kucing Taylor Swift

Photo :
  • Instagram @taylorswift

Saat kucing sedang grooming atau mandi, lidahnya yang seperti duri merangsang kelenjar sebaceous di pangkal bulunya dan menyebarkan sebum yang dihasilkan ke seluruh bulu. Perawatan diri mereka juga membantu menghilangkan kotoran dan parasit seperti kutu. Selain itu, karena kucing tidak memiliki kelenjar keringat, air liurnya membantu mendinginkan tubuh di cuaca yang panas.

5. Kesenangan bagi Kucing

Ilustrasi kucing

Photo :
  • Twitter @StreetCatBob

Menjilati tubuh sendiri menjadi suatu yang menyenangkan bagi kucing dan mereka memang tampak merawat diri hanya karena mereka menikmatinya. Kucing juga akan merawat satu sama lain (dan teman manusia mereka) sebagai keinginan untuk berbagi sensasi positif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya