Ini Sumber Energi yang Memicu Evolusi Kehidupan

Ventilasi hidrotermal vulkanik di dasar laut mungkin telah membentuk kehidupan.
Sumber :
  • NOAA

VIVA Tekno – Ahli biologi tidak setuju sepenuhnya tentang di mana tepatnya kehidupan pertama di Bumi muncul. Itu mungkin telah berevolusi di dasar lautan, di kolam batu dangkal atau dari blok bangunan yang dibawa oleh asteroid.

Pertamina Geothermal Energy Cetak Laba Bersih US$47,49 Juta Kuartal I-2024

Kita tahu bahwa semua kehidupan di Bumi membutuhkan air untuk bertahan hidup, jadi kemungkinan besar kehidupan pertama kali berevolusi di sana. Tapi air saja tidak cukup untuk memicu kehidupan, melainkan juga membutuhkan energi.

Saat ini sebagian besar makhluk hidup mendapatkan energi dari metabolisme gula, tetapi molekul tersebut tidak ada 3,7 miliar tahun yang lalu, ketika kehidupan pertama kali berevolusi.

Manfaat Kalung Kesehatan, Solusi Nyata atau Sekadar Gaya?

Jadi, sumber energi apa yang tersedia untuk membantu kemunculan penghuni pertama Bumi?

Selama eon Hadean (sekitar 4,6 miliar hingga 4 miliar tahun yang lalu), Bumi sebagian besar merupakan dunia lautan, dengan sesekali pulau vulkanik menyembul keluar dari air.

Pertamina Goes to Campus 2024 Resmi Dibuka

Satu teori tentang asal usul kehidupan adalah radiasi ultraviolet (UV) dari Matahari yang membantu menciptakan molekul kompleks di kolam batu dangkal di pulau vulkanik, kata Eloi Camprubi-Casas.

Seorang ahli biologi yang mempelajari asal usul kehidupan di The University of Texas Rio Grande Valley, menurut situs Live Science, Selasa, 14 Februari 2023.

Bumi dan Matahari yang dilihat dari luar angkasa.

Photo :
  • Getty Images

Radiasi UV sangat bagus karena sangat energik sehingga akan menghasilkan molekul terionisasi, membuatnya lebih reaktif dan lebih mungkin untuk bergabung menjadi molekul yang lebih besar dan lebih kompleks, yang diperlukan untuk menghasilkan bahan penyusun kehidupan, kata Camprubi-Casas.

"Namun radiasi UV menghasilkan masalah yang pada dasarnya merusak apa pun yang Anda miliki," kata Camprubi-Casas. Jadi meski molekul kompleks terbentuk, mereka juga akan terdegradasi karena radiasi matahari.

Itu sebabnya Camprubi-Casas dan rekan-rekannya menduga bahwa asal usul kehidupan terjadi di suatu tempat yang jauh dari kolam-kolam hangat seperti di dasar laut, di mana air alkali yang panas bercampur dengan air asam yang dingin, menciptakan sup energi kimia yang bisa memberikan percikan bagi evolusi kehidupan.

Jauh di bawah permukaan laut, area aktivitas panas Bumi terbentuk di batas lempeng saat magma naik dari mantel bumi. Air laut yang dingin merembes ke dalam retakan di area panas ini dan melarutkan mineral dari bebatuan.

"Ketika air panas keluar dari retakan dan mengalir ke lautan dingin, mineral mengendap, membentuk cerobong bahan organik," jelas Camprubi-Casas.

Cairan itu sangat basa dan mengandung banyak gas hidrogen, dan selama Hadean, atmosfer penuh dengan karbon dioksida yang sebagian besar larut ke dalam samudra, membuat samudra sedikit asam.

"Ketika air dari lubang hidrotermal bergabung dengan karbon dioksida yang terlarut dalam air, molekul yang dihasilkan menjadi jauh lebih aktif secara kimiawi, dan Anda dapat mulai menambahkan nitrogen untuk membuat asam amino atau menambahkan nitrogen dan oksigen untuk membentuk bahan penyusun DNA," imbuhnya.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya