Suka Lupa Re-apply Sunscreen di Cuaca Panas Ekstrem, Begini Cara Maudy Ayunda Jaga Kulit

Maudy Ayunda.
Sumber :
  • Instagram @maudyayunda

JAKARTA – Udara di Indonesia belakangan ini terasa sangat panas, seperti negara-negara di Asia Tenggara dan Asia Selatan lainnya yang sedang mengalami gelombang panas ekstrem. BMKG menjelaskan bahwa setelah ditinjau secara karakteristik dan fenomena hingga secara indikator statistik pengamatan suhu, udara panas ini masih belum masuk ke dalam kategori heatwave karena belum memenuhi syarat disebut sebagai gelombang panas.

Suhu Capai 39 Derajat, Ini Tips Agar Tetap Fit Sampai Puncak Ibadah Haji

Udara yang sangat panas ini juga dirasakan oleh penyanyi sekaligus aktris, Maudy Ayunda. Wanita kelahiran 1994 itu mengaku sebagai orang yang sangat suka beraktivitas di luar ruangan seperti mendaki gunung atau liburan ke pantai. Sehingga, Maudy Ayunda sangat sering terpapar sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama. Scroll untuk tahu cerita lengkapnya, yuk!

"Aku suka banget trekking dan hiking. Kalau kata mamaku, Maudy itu sukanya cari matahari karena aku emang anaknya outdoor banget dan suka lama-lamaan di matahari karena aktivitas yang aku sukai itu, hiking atau nemenin suami golf. Jadi aku sangat terpapar matahari," kata Maudy Ayunda, dalam acara UNIQLO UV Protection 2024, Temani Aktivitas Day-to-Day di Bawah Sinar Matahari Dengan Rasa Santai dan Nyaman! di Jakarta, Kamis 2 Mei 2024.

Gurun Gobi Memanfaatkan 14.500 Cermin Panel Surya untuk Mengumpulkan Sinar Matahari

Maudy Ayunda

Photo :
  • Uniqlo

Di tengah panas yang ekstrem ini, sangat dianjurkan pemakaian sunscreen agar kulit tetap terlindungi dari sinar UVA dan UVB yang dapat merusak kulit.

5 Tips Cegah Masalah Jantung Saat Jalankan Ibadah Haji di Tengah Cuaca Panas

Namun, tak dipungkiri banyak juga orang yang suka lupa memakai ulang sunscreen setiap 2 jam sekali seperti yang dianjurkan oleh para ahli. Begitu juga Maudy Ayunda, saking sibuknya beraktivitas maka ia sering lupa re-apply sunscreen karena kurang nyaman juga terkena kulit yang sedang berkeringat.

"Aku orangnya agak suka lupa re-apply sunscreen, especially buat badan karena kita seharian sibuk nggak kepikiran. Ngerasain sensinya di tengah-tengah udah keringetan, re-apply sunscreen jadi nggak nyaman, lengket," jelasnya.

Sebagai alternatif, Maudy Ayunda beralih pada pakaian-pakaian yang sudah mempunyai teknologi UV Protection. Dengan teknologi double sun protection, material pakaian UV protection ini mampu memantulkan sekaligus menyerap sinar UV.

"Jadi aku suka yang instan dan mudah. Dengan adanya pakaian yang sudah berteknologi UV protector," kata Maudy Ayunda.

Pakaian dengan UV protection ini mempunyai rating Ultra-Violet Protection Factor (UPF) yang menunjukkan seberapa lama kulit terlindungi dari kerusakan akibat sinar UVA dan UVB dibanding tidak memakai perlindungan sama sekali. Misalnya, UPF40 mampu melindungi dari sinar UV 40x lebih lama dibanding tanpa mengenakan perlindungan anti UV apa pun.

Dengan pakaian jenis ini, Maudy Ayunda jadi lebih percaya diri untuk melakukan aktivitas di luar atau dalam ruangan tanpa khawatir kulitnya akan rusak karena paparan sinar matahari.

"Aku merasa aman terproteksi dari sinar UVA dan UVB. Pokoknya buat keseharian menyenangkan banget. Buat aku yang kurang termotivasi buat re-apply sunscreen, apalagi di badan," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya