Jangan Abaikan Pentingnya Pengelolaan Sumber Air

Ilustrasi penjualan air bersih.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dede Rizky Permana

VIVA Tekno – Presiden World Water Council (WWC) Loïc Fauchon mengajak seluruh negara bekerja sama untuk pengelolaan air secara global.

Kemalangan di Gaza, Warga Palestina Minum Air Tidak Layak Konsumsi

"Kita membutuhkan kemauan politik yang besar antar negara untuk bekerja sama. Permasalahan air harus menjadi salah satu prioritas utama bagi seluruh negara di dunia saat ini," kata dia, melalui keterangan resminya, Kamis, 16 Februari 2023.

Menurutnya, permasalahan air sangat penting, karena merupakan sumber daya alam yang tidak bisa manusia produksi sendiri. "Untuk itu saya mengajak semua politikus untuk berhenti mengabaikan pentingnya pengelolaan air," tegas Fauchon.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Ia juga mengingatkan, secara khusus, permasalahan utama air di negara-negara Asia Tenggara adalah banyaknya sumber air, namun belum dikelola dengan begitu baik.

Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

Selain itu, pertambahan penduduk yang masif juga menjadi tantangan tersendiri untuk mencukupi kebutuhan air bersih.

"Volume air laut terus meningkat di banyak negara di dunia dan sekarang kita perlu membawa tanggapan nyata. Untuk itu kita perlu mengatur pemanfaatan air lebih baik," tutur Fauchon.

Sebagai informasi, World Water Forum merupakan forum lintas batas terbesar di dunia yang fokus dalam pembahasan isu-isu air dan mencari solusi global sebagai jawaban atas isu-isu tersebut. World Water Forum ke-10 yang akan dilaksanakan di Bali, Indonesia pada 18-24 Mei 2024 yang mengusung tema “Water for Shared Prosperity”.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya