Planet Nakal Bisa Sebabkan Bumi Alami Kiamat

ilustrasi kiamat
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno – Kehadiran dari planet ekstra di Tata Surya kita yang disebabkan Mars dan Jupiter dapat mengacaukan orbit dan akan membuat kiamat kehidupan di Bumi.

Masuk Jadi 7 Kontributor Pajak Terbesar, BUMI Raih Penghargaan Kemenkeu

Ini adalah kesimpulan dari simulasi eksperimental yang dilakukan oleh ahli astrofisika planet Stephen Kane dari University of California, Riverside. Meski tidak mungkin akan ada anggota planet baru tapi temuan tersebut memiliki implikasi bagi perburuan ilmuwan terhadap kehidupan di galaksi lain.

Menurut Kane, tujuan dari eksperimen tersebut adalah untuk menyelidiki dua celah penting dalam konfigurasi Tata Surya kita dibandingkan dengan yang lain, dikutip dari Sciencealert, Sabtu 11 Maret 2023.

KPC Sulap Lahan Bekas Tambang Jadi Peternakan Sapi Terpadu

Yang pertama adalah kesenjangan antara ukuran planet terestrial —yang terbesar adalah Bumi— dan raksasa gas, yang terkecil adalah Neptunus.

Neptunus bagaimanapun, empat kali lebih lebar dan 17 kali lebih masif dari Bumi. Di tata surya kita, tidak ada sesuatu yang terletak di antara keduanya.

Grup BUMI Borong 9 Penghargaan Terbaik di CSR dan PDB Awards 2024, Langsung Diserahkan Wapres RI

“Di sistem bintang lain, ada banyak planet dengan massa di celah itu. Kami menyebutnya Bumi super," ujarnya.

Sementara itu celah kedua ada di lokasi. Sehubungan dengan Matahari, tidak ada planet yang terletak di antara orbit Mars dan Jupiter.

Ilustrasi kiamat.

Photo :
  • World Anvil

"Para ilmuwan planet sering berharap ada sesuatu di antara kedua planet itu," kata Kane.

Untuk memahami alasan dari kedua celah ini, ahli astrofisika menjelaskan bahwa eksperimen dapat memberikan wawasan kunci ke dalam arsitektur tata surya kita, serta evolusi Bumi.

Oleh karena itu Kane menjalankan serangkaian simulasi komputer dinamis yang menambahkan planet ekstra antara Mars dan Jupiter dan mempertimbangkan rentang massa yang berbeda untuk mengamati efek apa yang ditimbulkan pada orbit planet lain.

Hasilnya sangat berbahaya bagi Tata Surya dan bagi kehidupan di Bumi. Planet fiksi ini memberi dorongan pada Jupiter yang cukup untuk mengacaukan segalanya.

Jupiter jauh lebih besar dari gabungan semua planet lain —dengan massa 318 kali Bumi—yang  artinya pengaruh gravitasinya sangat besar.

Oleh karena itu, gangguan sekecil apa pun pada Jupiter dengan penambahan super-Bumi dapat sangat memengaruhi orbit semua planet lain di Tata Surya.

Faktanya bergantung pada massa persisnya dan parameter orbitnya. Kehadirannya bahkan dapat menyebabkan Merkurius, Venus, Bumi, Uranus, dan Neptunus terlontar dari Tata Surya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya