Asal Usul Nama Hacker Bjorka, Sempat Trending Usai Retas Data Lembaga Negara

Hacker Bjorka.
Sumber :
  • Twitter @bjorkanism

VIVA Digilife – Beberapa waktu lalu nama Hacker Bjorka menuai sorotan warganet di media sosial. Tak sedikit yang ramai membicarakan sosoknya hingga Bjorka berhasil bertengger di posisi trending topik di media sosial. 

2 Sektor di Indonesia Jadi Sasaran Empuk Ransomware, Temuan Unit 42

Sosok misterius di balik akun hacker bernama Bjorka sempat membuat geger warganet Indonesia. Mengingat hacker satu ini pernah mengaku dirinya berasal dari Warsaw Polandia .  Tidak hanya itu, sosoknya juga mengklaim yang membocorkan dokumen rahasia milik negara, termasuk surat menyurat dari Badan Intelijen Negara  (BIN).

Bahkan, secara blak-blakan melalui akun Twitter @bjorkanism, sosok misterius satu ini disebut berhasil meretas berbagai perusahaan besar yang ada di Indonesia, seperti lembaga pemerintahan salah satunya.

Informasi Sistem Penggajian Departemen Pertahanan Inggris Diretas

Hacker Bjorka.

Photo :

Tidak hanya sempat mengklaim membocorkan dokumen rahasia milik negara, Hacker Bjorka juga mengaku berhasil meretas situs Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), bahkan membongkar dalang dari kasus pembunuhan Munir.

WNA Asal Rusia Kongkalikong dengan Hacker Meksiko Bobol ATM di Palembang

Hacker Bjorka ini sering kali muncul dalam sebuah situs keamanan cyber bernama BreachForums. Di mana pada situs tersebut, sosok misterius satu ini memperjualbelikan data penting yang berhasil diretasnya baik dari perusahaan maupun pemerintah Indonesia.

Meskipun akunnya telah dinonaktifkan, sederet cuitan-cuitan yang pernah dibuat sang hacker satu ini telah berhasil diabadikan oleh sejumlah warganet di media sosial.  Namun rupanya, sebelum akunnya dinonaktifkan, Hacker Bjorka pernah mengaku dirinya memiliki seorang temas asal Indonesia. 

Di mana temannya tersebut mengungkapkan, atas kondisi Indonesia yang kurang baik terhadap Hacker Bjorka. 

“Aku punya teman baik Indonesia di Warsawa, dan dia bilang betapa kacaunya Indonesia, dan aku melakukan ini untuknya,” cuitnya sebelum akunnya berhasil dinonaktifkan.

Sontak saja aksinya yang sempat membuat geger warga Indonesia, membuat sosok Hacker Bjorka bikin warganet penasaran dan terus mencari tahu siapa sosok di baliknya. Terlebih dengan penggunaan nama yang sangat jarang dan asing didengar oleh warga Indonesia. Lantas, apa arti dari nama Bjorka sebenarnya?

Asal Usul Nama Hacker Bjorka

Hacker Bjorka kembali aktif di Twitter.

Photo :
  • Tangkapan Layar

Melansir dari laman Babynames, diketahui Bjorka atau Bjork berasal dari negara Skandinavia yang memiliki arti pohon Birch. Di mana penggunaan nama Bjorka sendiri lebih sering dipakai untuk anak perempuan daripada laki-laki.

Penggunaan nama Bjorka juga sering digunakan oleh berbagai sosok ternama, seperti salah satunya anak selebriti Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck, yang bernama Bjorka Dieter Mirscheck.

Menariknya, bukannya ketakutan memiliki nama yang sama dengan sang hacker, Ringgo justru membuat lelucon perihal anaknya yang disebut menjadi seorang hacker.

Bjorka Dieter Morscheck

Photo :
  • Instagram/ringgoagus

“Tumben-tumbenan anak ini minta topeng v for vendetta, buat apa sih nak pake topeng yang ada aja.... kamu sekarang tiap malem begadang terus, kamu ngakunya hanya main solitaire di komputer, akhir-akhir ini kamu kurang tidur, baba khawatir kamu sebenernya ngapain nak,  tiba-tiba kamu mau nawarin data-data orang ke baba itu buat apaaa,” tulis Ringgo dalam keterangan unggahannya di Instagram.

Tidak hanya anak dari Ringgo, nama Bjork juga digunakan oleh beberapa sosok lain seperti penyanyi asal Islandia Björk Guðmundsdóttir dan Hera Björk órhallsdóttir, artis Swedia Anita Björk, hingga musisi Amerika Brant Bjork.

Sementara itu, nama Bjorka sebenarnya bukanlah nama sebenarnya dari sang hacker. Nama ini merupakan nama samaran yang ternyata terinspirasi dari seorang penyanyi asal Iceland yakni Björk.

Tidak hanya itu, pada foto profil dan sampul profinya di Twitter pun terinspirasi dari Björk. Foto profil Bjorka adalah gabungan dari beberapa foto yang nyentrik sehingga nampak menyeramkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya