Telkomsel Masih Menimbang-nimbang Keluarkan eSIM

Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Telkomsel merupakan satu-satunya operator telekomunikasi di Indonesia yang belum mengeluarkan eSIM. Padahal, Smartfren, Indosat Ooredoo Hutchison, serta yang terbaru, XL Axiata sudah merilis.

Pengguna Internet di Indonesia Tinggi, tapi Bukan Tanpa Masalah

eSIM adalah sebuah komponen yang tertanam di bagian motherboard ponsel secara permanen. Untuk menggunakannya, operator seluler akan memasukkan (inject) nomor pengguna ke dalam ponsel sehingga pengguna tidak perlu menggunakan kartu SIM fisik.

Sementara Telkomsel, beberapa waktu lalu mengatakan kepada VIVA Tekno, mengaku masih melihat pasar guna dalam mempertimbangkan penerapan teknologi tersebut ke pelanggannya.

Wejangan Menkominfo soal Merger XL Axiata dan Smartfren

"Peluncuran eSIM memerlukan investasi sehingga perlu dilakukan dengan cermat dan tepat," kata Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono, Rabu, 29 Maret 2023.

XL Axiata Raup Laba Bersih Rp 547 Miliar di Q1-2024

kartu sim untuk konektivitas internet

Photo :
  • vstory

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa keputusan bisnis harus didiskusikan secara cermat. Misalnya, dengan mempertimbangkan kelompok konsumen mana yang akan disasar, apakah pascabayar terlebih dahulu atau lainnya.

"Masih pembicaraan internal. Kita mesti melihat dulu kebutuhannya, kan. Apa banyak masyarakat yang butuh eSIM. Kita enggak mau investasi yang nantinya jadi percuma," klaim Saki.

Sementara itu, pelanggan baru XL Axiata bisa mendapatkan eSIM di XL web store mulai dari harga Rp30.000-60.000 dengan total kuota 166GB. Sedangkan pelanggan lama bisa mendapatkannya tanpa dipungut biaya di 27 XL Center, dan akan segera hadir di seluruh XL Center lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya