Monster Purba Ditemukan di Tata Surya, Ukurannya Lebih Besar dari Matahari

Lubang hitam atau black hole.
Sumber :
  • Russia Today

VIVA Tekno – Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST) telah melihat lubang hitam paling awal yang diketahui di alam semesta, dan para astronom berpikir bahwa lubang hitam yang lebih awal itu mengerumuni kosmos muda.

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Teleskop itu mempunyai teknologi kamera yang kuat, memungkinkannya untuk mengintip ke masa lalu pada tahap awal alam semesta, menemukan lubang hitam supermasif yang memiliki massa 10 juta kali Matahari di pusatnya dengan galaksi bayi 570 juta tahun setelah alam semesta dimulai.

Monster kosmik itu bisa jadi hanyalah salah satu dari lubang hitam yang tak terhitung jumlahnya, yang melahap dirinya sendiri hingga ukuran yang semakin besar selama fajar kosmik —periode yang dimulai sekitar 100 juta tahun setelah Big Bang ketika alam semesta muda bersinar selama satu miliar tahun. 

Kapan Bumi Kiamat?

Para astronom tidak yakin mengapa ada begitu banyak lubang hitam atau bagaimana mereka menjadi begitu besar. Peneliti yang menemukan lubang hitam terbaru menerbitkan temuan mereka pada 15 Maret di server pracetak arXiv.

Lubang hitam lahir dari runtuhnya bintang raksasa dan tumbuh dengan terus-menerus melahap gas, debu, bintang, dan lubang hitam lainnya, mengutip dari situs Live Science, Kamis, 6 April 2023.

Terkuak, Warna Ini Bisa Memprediksi Keberadaan Alien

Untuk beberapa celah ruang-waktu yang rakus, gesekan menyebabkan material berputar ke dalam perutnya dan memancarkan cahaya yang dapat dideteksi oleh teleskop, mengubahnya menjadi inti galaksi aktif (AGN). 

Posisi black hole SN 1979C di galaksi Bimasakti

Photo :
  • tgdaily.com

AGN paling ekstrem adalah quasar, lubang hitam supermasif yang miliaran kali lebih berat dari Matahari dan menumpahkan kepompong gasnya dengan ledakan cahaya yang triliunan kali lebih bercahaya daripada bintang paling terang.

Karena cahaya bergerak dengan kecepatan tetap melalui ruang hampa udara, semakin dalam para ilmuwan melihat ke alam semesta, semakin jauh cahaya yang mereka tangkap dan semakin jauh ke masa lalu yang mereka lihat. 

Untuk menemukan lubang hitam, para astronom memindai langit dengan dua kamera inframerah —Mid-Infrared Instrument (MIRI) JWST dan Near-Infrared camera— dan menggunakan spektograf bawaan kamera untuk memecah cahaya menjadi frekuensi komponennya.

Dengan mendekonstruksi pancaran redup yang dikirim dari tahun-tahun awal alam semesta, mereka menemukan lonjakan tak terduga antara frekuensi yang terkandung dalam cahaya.

Bagaimana lubang hitam terbentuk begitu tiba-tiba di komos muda tetap menjadi misteri. Para astronom masih memburu lubang hitam 'primordial' yang lebih muda, yang muncul setelah Big Bang. Namun sejauh ini, black hole tetap sulit dipahami.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya