Finlandia jadi Negara Paling Bahagia di Bumi

Ilustrasi anak-anak tertawa bahagia.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno Finlandia telah menjadi negara paling bahagia di Bumi selama enam tahun terakhir, menurut World Happiness Survey. Posisi selanjutnya diikuti oleh Denmark dan Islandia. 

Israel Bom Rafah Setelah Hamas Setujui Proposal Gencatan Senjata Hasil Mediasi AS

Sejumlah faktor telah menjadi alasan mengapa orang Finlandia lebih bahagia daripada yang lain adalah karena ketimpangan pendapatan yang lebih rendah (yang paling penting, perbedaan antara bayaran tertinggi dan upah terendah), dukungan sosial yang tinggi, kebebasan untuk membuat keputusan, dan tingkat korupsi yang rendah.

Ukuran ketimpangan pendapatan yang digunakan di sini adalah koefisien Gini, seperti yang dilaporkan oleh OECD. Ini adalah angka tertinggi yang tercatat di setiap negara per tahun setelah 2010 hingga tahun terakhir.

Arab Saudi Kecam Israel Soal Serangan Darat di Rafah

Grafik menunjukkan hubungan yang erat antara kedua ukuran ini. Secara umum, ketika ketimpangan pendapatan lebih besar, uang lebih penting dan orang kurang bahagia, dikutip dari situs Science Alert, Jumat, 7 April 2023.

Finlandia juga memiliki atribut lain yang dapat membantu orang merasa lebih bahagia. Mereka memiliki sistem perawatan kesehatan yang didanai publik, yang sangat terdesentralisasi dan hanya sektor kesehatan swasta yang sangat kecil.

Sekjen PBB Tidak Akan Toleransi Serangan Darat Israel di Rafah

Negara Finlandia.

Photo :
  • U-Report

Ini jauh lebih efektif dan efisien daripada beberapa alternatif yang digunakan di negara lain. Angkutan umum dapat diandalkan dan terjangkau serta bandara Helsinki yang menempati peringkat terbaik di Eropa Utara.

Pada tahun 2021, seorang profesor sosiologi menyebut bahwa hanya dengan memiliki ekspektasi yang lebih masuk akal, orang-orang di negara-negara Nordik tampak lebih bahagia. Namun, itu tidak dapat menjelaskan mengapa Finlandia sangat berbeda dari Norwegia dalam hal skala kebahagiaan.

Semua jenis penjelasan dimungkinkan, termasuk sedikit nuansa bahasa dan juga budaya. Kemungkinan besar Finlandia memiliki sekolah yang lebih adil di mana masyarakat cenderung mendapatkan pendidikan yang baik di semua tempat serta kebijakan sekolah yang lebih adil daripada Norwegia. 

Demikian juga kebijakan perumahan yang lebih baik dengan beragam perumahan sosial dan tunawisma yang lebih rendah, layanan kesehatan dengan waktu tunggu yang membuat iri dunia dan berbagai penghargaan lainnya.

Pelajar Finlandia.

Photo :
  • U-Report

Kebebasan sangat penting bagi orang-orang, termasuk kebebasan dari rasa takut. Poin ini juga dapat menjelaskan mengapa Turki dan India memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih rendah daripada yang diperkirakan karena ketidaksetaraan ekonomi.

Sebaliknya, Afrika Selatan dan China mungkin sedikit lebih bahagia daripada tingkat ketidaksetaraan. Afrika Selatan menjadi negara demokrasi pada tahun 1994 tak lama setelah Nelson Mandela dibebaskan.

Sebagian besar negara menunjukkan tingkat kebahagiaan yang sangat dapat diprediksi dari tingkat ketimpangannya. Inggris tepat berada di tengah-tengah, jadi salah satu negara Eropa yang paling tidak setara secara ekonomi.

Grafik juga menunjukkan bahwa Israel sedikit lebih bahagia meskipun tidak jelas apakah sampel yang diambil di sana mencakup semua kelompok yang saat ini hidup di bawah negara tersebut. Juga, sampel itu diambil pada tahun 2022 sebelum protes meluas baru-baru ini di Israel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya