Negara di Afrika Berani Melawan Meta

Kepala Eksekutif Meta Mark Zuckerberg.
Sumber :
  • Yahoo Finance

VIVA Tekno  – Pengadilan hubungan kerja dan tenaga kerja Kenya memutuskan pada hari Kamis bahwa mereka memiliki yurisdiksi untuk mendengar gugatan yang diajukan oleh sekelompok moderator konten terhadap Meta, perusahaan induk Facebook, dengan tuduhan 'pemecatan yang melanggar hukum'. 

Polisi Bongkar Modus Peretasan WhatsApp dari Facebook

Hakim Matthews Nduma, dalam putusan menyatakan bahwa pengadilan tenaga kerja memiliki yurisdiksi untuk menentukan masalah dugaan pemutusan hubungan kerja (PHK) yang melanggar hukum dan tidak adil atas dasar redundansi.

Meta, yang juga pemilik Instagram dan WhatsApp mengajukan banding pada bulan Februari terhadap putusan yang mengatakan perusahaan dapat dituntut di negara Afrika Timur tersebut meskipun tidak memiliki kehadiran resmi di sana. 

Usai Cerai dari Ria Ricis, Teuku Ryan Harus Nafkahi Moana Rp10 Juta per Bulan

Perusahaan Amerika Serikat tersebut membantah keputusan yang menyebut bahwa pengadilan Kenya memiliki yurisdiksi atas Meta setelah seorang mantan moderator konten mengajukan keluhan yang menuduh kondisi kerja yang buruk.

Bulan lalu, 43 moderator di pusat moderasi Facebook Nairobi mengajukan tuntutan terhadap perusahaan media sosial dan subkontraktor lokalnya, dikutip dari situs Russian Today, Sabtu, 22 April 2023.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca Berikan Efek Samping Cedera Serius Hingga Kematian

Meta.

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

Pengadu menuduh bahwa mereka kehilangan pekerjaan setelah mencoba membentuk serikat pekerja. Pekerja juga menuduh Sama 'memasukkan mereka ke daftar hitam' untuk melamar peran yang sama di perusahaan outsourcing lain, Majorel yang berbasis di Luksemburg, setelah Facebook mengganti kontraktor.

Pada 21 Maret, Nduma untuk sementara memblokir redundansi massal moderator konten, mencegah Meta dan Sama mengakhiri kontrak mereka pada akhir Maret hingga legalitas pemecatan mereka ditentukan. 

Meta juga untuk sementara dilarang mensubkontrakkan peran pekerja yang memoderasi konten Facebook untuk Afrika Timur dan Selatan.

Selain gugatan yang diajukan oleh moderator, yang jumlahnya kini bertambah menjadi 184, dan yang sebelumnya diajukan oleh mantan karyawan Afrika Selatan, perusahaan Mark Zuckerberg itu juga menghadapi pertarungan hukum di Kenya dari sebuah LSM lokal dan dua warga negara Ethiopia. 

Para pembuat petisi mengklaim bahwa perusahaan tersebut gagal menindak ujaran kebencian online di Afrika, menyerukan pembentukan dana kompensasi sebesar US$1,6 miliar untuk para korban.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya