Misi Bulan Jepang Terancam Gagal

Bumi dilihat dari Bulan.
Sumber :
  • New Scientist

VIVA Tekno – Perusahaan ruang angkasa swasta Jepang, iSpace mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya tidak dapat tersambung dengan robot pendarat misi bulan perintisnya, karena kontak dengan pendarat HAKUTO-R telah hilang.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

"HAKUTO-R Mission 1 Lunar Lander kami diharapkan mendarat di permukaan Bulan pada pukul 01:40 JST pada tanggal 26 April 2023. Saat ini, Pusat Kendali Misi kami di Tokyo tidak dapat mengkonfirmasi keberhasilan pendarat di Bulan," cuit perusahaan tersebut di Twitter. 

"Insinyur dan spesialis operasi misi kami di MCC saat ini bekerja untuk mengkonfirmasi status pendarat. Informasi lebih lanjut tentang status pendarat akan diumumkan saat tersedia," lanjut mereka.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Live streaming sebelumnya dari acara pendaratan menangkap reaksi langsung dari individu yang terlibat dalam proyek tersebut, menangkap banyak pejabat dengan wajah muram.

Perusahaan mengatakan di akun media sosialnya pada hari sebelumnya bahwa lokasi pendaratan utama untuk modul Misi 1 HAKUTO-R mereka adalah Kawah Atlas yang terletak di kuadran timur laut Bulan.

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Pejabat memilih lokasi itu karena memenuhi spesifikasi teknis dari misi demonstrasi teknologi pendarat. Tujuan eksplorasi ilmiah ini untuk misi Pusat Antariksa Mohammed Bin Rashid Emirates serta persyaratan misi dari pelanggan yang lain.

Ilustrasi iSpace Lander di Bulan.

Photo :
  • Space.com

Perusahaan akan membuat pengumuman akhir tentang status misi pada hari ini Rabu, 26 April 2023, menurut laman Sputnik Globe. 

Modul HAKUTO-R Mission 1 dimaksudkan untuk menjadi bagian pertama dari program eksplorasi Bulan Hakuro-R yang diprakarsai oleh perusahaan tersebut.

Roket Falcon 9 milik miliarder Elon Musk meluncurkan pendarat iSpace menuju Bulan pada Desember 2022, dan merupakan pesawat ruang angkasa pribadi pertama di antara beberapa misi yang dijadwalkan mendarat di satelit Bumi pada tahun 2023. 

Tugas utama pendarat Jepang adalah mencari air di lokasi pendaratan dan teknologi uji untuk misi masa depan ke Bulan. Pendarat Jepang telah mengirimkan kendaraan lain ke satelit alami Bumi itu atas nama pelanggan pihak ketiga, termasuk penjelajah roda empat Rashid yang dikirim oleh Uni Emirat Arab.

Penjelajah Rashid memiliki panjang setengah meter dan berat hanya 10 kilogram, yang seharusnya beroperasi selama 14 hari Bumi. Rashid membawa empat probe Langmuir -perangkat yang akan mengukur suhu dan kepadatan partikel bermuatan yang menyebabkan pergerakan debu di permukaan Bulan.

Badan Antariksa Eropa (ESA) sebelumnya mengindikasikan bahwa penjelajah itu dilengkapi dengan satu kamera beresolusi tinggi di tiang depannya dan satu lagi dipasang di belakangnya, serta kamera mikroskopis dan kamera pencitraan termal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya