TikTok Dikabarkan Pantau Akun Pengguna yang Sering Akses Konten Gay

TikTok.
Sumber :
  • Global Digital Raya

VIVA Tekno – TikTok dilaporkan menyusun daftar pengguna yang mereka pantau saat mereka menonton konten gay di aplikasi tersebut, menurut penuturan mantan karyawan yang memprotes kebijakan tersebut.

Susah-susah Kerja Keras, Fuji Curhat Selalu Serba Salah di Mata Netizen

Layanan berbagi video asal China tersebut mengawasi pengguna yang sering mengunjungi klip yang diberi tag di bawah judul termasuk LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender), menurut The Wall Street Journal.

Mantan karyawan TikTok memberi tahu The Journal bahwa informasi tentang kebiasaan menonton pengguna dikumpulkan dan disimpan di dasbor.

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

bendera LGBTQ

Photo :
  • WION

Mantan karyawan yang berbasis di kantor perusahaan di AS, Inggris, dan Australia mengatakan bahwa mereka melaporkan masalah tersebut ke eksekutif puncak pada tahun 2020 dan 2021.

Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Penistaan Agama Terkuak, Ternyata Buat Cari Endorse

Mantan karyawan tersebut mengungkapkan kekhawatiran mereka bahwa informasi tersebut akan dibagikan kepada pihak luar atau dapat digunakan untuk memeras pengguna TikTok.

Perusahaan media sosial termasuk Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, dan lainnya telah dikritik dalam beberapa tahun terakhir karena mengumpulkan data pengguna tentang kebiasaan online mereka untuk tujuan menyesuaikan iklan yang ditargetkan.

The Post telah meminta komentar dari TikTok dan perusahaan induknya, ByteDance multinasional yang berbasis di China. “Menjaga privasi dan keamanan orang yang menggunakan TikTok adalah salah satu prioritas utama kami,” kata TikTok dalam pernyataan yang diberikan kepada The Journal, melansir New York Post.

Tahun lalu, kelompok advokasi LGBT terkemuka GLAAD (Gay and Lesbian Alliance Against Defamation), menuntut agar perusahaan teknologi mengambil langkah-langkah untuk melindungi data dan privasi pengguna. “Ini termasuk menghentikan praktik iklan pengawasan bertarget, di mana perusahaan menggunakan algoritme yang kuat untuk merekomendasikan konten kepada pengguna guna memaksimalkan keuntungan,” kata GLAAD dalam laporan tersebut.

Penanganan data pengguna TikTok dan ketakutan bahwa perusahaan induk China terkait dengan Partai Komunis yang berkuasa di Beijing membuat pengguna Amerika rentan terhadap spionase menjadi sumber kekhawatiran anggota parlemen AS tentang aplikasi tersebut.

TikTok.

Photo :
  • Dado Ruvic

Seruan untuk melarang TikTok di AS telah meningkat meskipun perusahaan tersebut menyangkal bahwa mereka memberikan data pengguna Amerika kepada pemerintah China.

TikTok telah dilarang dari ponsel para pegawai pemerintahan di negara-negara seperti Kanada dan Australia karena kekhawatiran tentang apakah pemerintah China dapat mengakses data pengguna atau memengaruhi apa yang dilihat orang di aplikasi populer tersebut.

Pada bulan Maret, sebuah perusahaan keamanan siber Kanada menemukan bahwa perusahaan induk TikTok melacak situs web puluhan pemerintah negara bagian AS Pemerintahan Biden telah mengarahkan oposisi Republik yang keras terhadap TikTok, karena anggota parlemen GOP telah menyerukan tindakan keras, dan memukul Demokrat atas sikap permisif mereka pada aplikasi China.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya