Ketika Dompet Kripto Berevolusi

Aset kripto.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Tekno – Dompet kripto atau crypto wallet merupakan unsur penting dalam ekosistem kripto dan menjadi alat pertama yang perlu dimiliki investor sebelum membeli aset kripto.

Cocok untuk Content Creator, Aset Kripto Ini Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Saat ekosistem aset kripto terus berkembang maka evolusi dompet pun turut menjadi bagian di dalamnya. Apa sih crypto wallet?

Adalah tempat untuk menyimpan, menerima, mengirim hingga mengelola aset kripto. Hal ini karena mirip seperti dompet tempat menyimpan mata uang fiat. Tapi ada bedanya.

Blockchain Bikin Transaksi Keuangan Lintas Batas Enggak Ribet

Dompet kripto tidak menyimpan barang-barang fisik seperti mata uang fiat, namun menyimpan kunci sandi untuk mengakses aset kripto.

Di masa sekarang, modern crypto wallet lebih mudah digunakan dan terintegrasi dengan berbagai Blockchain, salah satunya Krystal Wallet.

Startup Kripto Ini sedang Bahagia

Namun, jika ditarik ke belakang, dompet kripto pada masa awal kemunculannya pada 2009 sebagian besar berbasis software atau perangkat lunak.

Perangkat tersebut dipasang di komputer pengguna dan bukan dalam bentuk aplikasi yang terpasang pada ponsel, sehingga tidak praktis untuk digunakan sehari-hari. Dengan begitu, lahirnya beberapa jenis wallet:

- Web Wallet. Saat aset kripto mendapatkan popularitas, wallet berbasis web muncul sebagai solusi yang lebih nyaman dan mudah diakses.

Dompet kripto ini memungkinkan pengguna untuk mengakses aset digital mereka melalui browser web sehingga tidak perlu menginstal perangkat lunak.

Wallet ini juga di-hosting di platform online, dan pengguna dapat masuk dan mengelola mata uang kripto mereka dari perangkat apapun asalkan terhubung ke koneksi internet.

- Mobile Wallet. Dengan adopsi smartphone yang meluas, wallet yang bisa digunakan di dalamnya menjadi penting. Crypto wallet yang ada di smartphone menawarkan kenyamanan dan kemudahan dalam menggunakan dompet di mana dan kapan saja.

- Hardware Wallet. Dompet jenis ini umumnya berbentuk seperti flashdisk dan tetap praktis dibawa ke mana pun. Perangkat ini menyimpan kunci pribadi secara offline, jauh dari jangkauan hacker atau peretas yang berkeliaran di internet.

Krystal Wallet diklaim sebagai salah satu dompet yang memiliki tampilan ramah pengguna. Ini adalah wallet yang cocok bagi pemula hingga ahli yang memiliki banyak fitur dalam satu aplikasi seperti SmartSwap, KrystalGo, dan Earn.

Lewat berbagai fitur ini maka Krystal Wallet menjadi media penghubung pengguna ke Web3 yang tengah berkembang. Menurut data GrandviewResearch, Senin, 22 Mei 2023, ukuran pasar crypto wallet global bernilai US$8,42 miliar pada 2022.

Angka tersebut diperkirakan terus berkembang pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 24,8 persen dari 2023 hingga 2030.

Sementara itu, tren yang diprediksi akan berlangsung di dompet kripto adalah program loyalitas, terintegrasi dengan sistem pembayaran populer, penggunaan NFC, kemitraan crypto wallet dengan perusahaan besar hingga peralihan Web2 ke Web3 wallet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya