Teknologi VR untuk Belajar jadi Lebih Efektif

Ilustrasi virtual reality (VR).
Sumber :
  • Entrepreneur

VIVA Tekno - Penggunaaan teknologi untuk kegiatan belajar dikatakan akan menjadi lebih efektif. Misalnya dengan virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) sebagai alat pembelajaran imersif di mana pelajar dapat menjelajahi dunia, menjelajahi hal-hal yang tidak mungkin, menggali jauh ke dalam konsep yang rumit, dan merasakan pembelajaran langsung di telapak tangan mereka.

Viral di Media Sosial Tawuran Brutal Antar Pelajar, 3 Pelaku Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun

Oleh sebab itu ada banyak keuntungan dalam menggunakan VR untuk pendidikan. Penelitian telah menunjukkan bahwa VR dapat menjadi alat pembelajaran yang lebih efektif daripada banyak metode pengajaran tradisional lainnya.

Misalnya dengan membenamkan siswa dalam pelajaran, VR akan menciptakan lebih banyak asosiasi antara mata pelajaran dan lingkungan daripada metode pengajaran lainnya, membantu mereka lebih memahami, terlibat, dan mengingat konsep.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

PT Delta Dunia Makmur Tbk., (Delta Dunia Group), melalui anak usahanya, PT BISA Ruang Nuswantara (Biru) akan menghadirkan BRV (Bisa Ruang Vokasi), merupakan produk praktik kerja yang fokus pada kewirausahaan. 

Biru berkomitmen secara jangka panjang untuk meningkatkan pengetahuan akademis, keterampilan, serta karakter siswa SMK yang dibutuhkan industri pertambangan dan dunia usaha, secara khusus, dan pembangunan generasi masa depan Indonesia secara umum.

Volume Transaksi BRImo Capai Rp 1.251 Triliun di Kuartal I-2024

Ilustrasi kegiatan siswa-siswi SMK.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Feny Selly

BRV platform adalah program e-learning pembelajaran berbasis kompetensi industri yang diperkuat dengan penggunaan pendekatan virtual reality (VR) dalam praktik pembelajaran. 

Produk ini akan memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan meningkatkan literasi digital dengan cara menghadirkan berbagai modul serta pemanfaatan alat multimedia yang interaktif seperti video dan simulasi virtual. 

Lulusan BRV disebut akan mendapatkan sertifikat berstandar nasional (BNSP), mendukung kesesuaian lulusan siswa dengan kebutuhan industri yang semakin meningkat.

"Kami berkomitmen untuk terus memperluas produk ini dan bekerja sama dengan sebanyak mungkin SMK di seluruh Indonesia," kata Komisaris Biru, Dian Andyasuri, dalam diskusi kepada media di Jakarta, Sabtu, 27 Mei 2023.

BRV merupakan produk pelatihan kompetensi berbasis industri yang bertujuan meningkatkan kapasitas dan keterampilan lulusan SMK agar sesuai dengan kebutuhan industri.

Baru-baru ini Biru meresmikan kerja sama program pelatihan dan kewirausahaan dengan lima Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yaitu, SMKN 1 Klego (Boyolali), SMK Kristen Pedan (Klaten), SMK Pancasila (Solo), SMK Warga (Solo), dan SMK Tunas Harapan Pati (Pati).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya