11 Cara Ampuh Atasi Stres, Boleh Dicoba Kakak

Ilustrasi sakit kepala, putus asa, depresi, pusing, stres.
Sumber :
  • Pixabay/ lukasbieri

VIVA Tekno – Stres adalah reaksi tubuh terhadap tekanan atau tuntutan dari lingkungan sekitar. Walaupun sejumlah stres mungkin diperlukan untuk memotivasi seseorang dalam menyelesaikan tugas atau menghadapi tantangan.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Stres berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental. Berikut kami rangkum beberapa cara untuk mengatasinya.

1. Kenali Penyebab Stres

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Mengidentifikasi sumber stres dalam hidup Anda adalah langkah pertama untuk mengatasinya. Catatlah apa saja yang membuat Anda merasa tertekan, cemas, atau terganggu.

2. Atur Waktu dengan Baik

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Mengatur jadwal harian kamu dengan cermat bisa membantu mengurangi tekanan. Prioritaskan tugas-tugas kamu, dan jangan ragu untuk mengatakan "tidak" jika kamu merasa terlalu sibuk.

3. Latihan Fisik

Olahraga bisa menjadi obat mujarab untuk stres. Aktivitas fisik membantu melepaskan endorfin, yang merupakan analgesik alami tubuh.

4. Relaksasi dan Meditasi

Ilustrasi meditasi

Photo :
  • Freewallpaper

Teknik-teknik seperti pernapasan dalam, meditasi, dan yoga dapat membantu kamu merasa tenang dan mengurangi tingkat stres.

5. Kurangi Konsumsi Kafein

Kafein adalah stimulan yang ditemukan di kopi, teh, cokelat, dan beberapa obat-obatan. Mengurangi asupan kafein mungkin membantu menenangkan perasaan gelisah dan cemas.

6. Tidur yang Cukup

Kurang tidur dapat memperparah stres. Pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup setiap malam.

7. Jurnal Harian

Menulis perasaan dan pemikiran dalam sebuah jurnal bisa menjadi cara yang efektif untuk mengatasi stres.

8. Hindari Alkohol, Rokok, dan Obat-obatan

Meskipun kamu mungkin merasa bahwa alkohol atau rokok dapat membantu kamu rileks, jangka panjangnya bisa meningkatkan perasaan cemas dan menambah stres.

9. Cari Dukungan

Ilustrasi curhat.

Photo :
  • Pixabay/pexels

Bicarakan perasaan kamu dengan keluarga, teman, atau seorang profesional. Mereka mungkin menawarkan perspektif atau saran yang kamu belum pertimbangkan.

10. Pengaturan Lingkungan

Sesuaikan lingkungan kamu agar lebih nyaman. Musik yang menenangkan, aroma terapi, atau dekorasi yang menenangkan dapat mengurangi tingkat stres.

11. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Luangkan waktu untuk hobi atau kegiatan yang kamu nikmati. Membaca, berkebun, seni, atau bahkan sekedar berjalan-jalan bisa menjadi cara yang efektif untuk meredakan stres.

Ingatlah bahwa tidak ada solusi tunggal yang cocok untuk semua orang. Kamu mungkin perlu mencoba beberapa metode berbeda untuk menemukan apa yang paling efektif dalam mengurangi stres. 

Jika kamu merasa terlalu tertekan, mungkin saatnya untuk mencari bantuan profesional. Seorang terapis atau konselor dapat membantu kamu mengembangkan strategi untuk mengatasi stres.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya