6 Tips Menjaga Kesehatan Mata, Kamu Wajib Tahu

Ilustrasi bekerja di laptop.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – Berapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk melihat komputer, tablet, ponsel, atau TV setiap hari? Nah, di era digital ini memang banyak dari mereka yang sering menghabiskan waktunya untuk menatap layar.

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Pasalnya, baik dunia pendidikan maupun kerja sudah sangat bergantung dengan komputer atau pun ponsel. Lantas, bagaimana cara menjaga mata agar tetap sehat dan tidak mudah lelah? Dikutip dari Alamo Eye Care, simak tipsnya berikut ini:

1. Tata Ruang Kerja

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Ilustrasi Ruang Kerja

Photo :
  • kuleuven.be
Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Tujuan ergonomi pada ruang kerja adalah untuk meningkatkan produktivitas dan kenyamanan. Pilih kursi meja yang menopang tubuh bagian atas dan mendorong kamu untuk duduk tegak dengan leher dalam posisi netral.

Sesuaikan monitor desktop dengan jarak sekitar satu lengan dan setinggi atau dekat dengan mata. Apa pun jenis layar yang kamu gunakan, pastikan layar tersebut sejajar dengan kepala untuk menghilangkan ketegangan pada mata dan leher. Layar harus berada tepat di depan wajah dan sedikit di bawah ketinggian mata untuk kenyamanan maksimal.

2. Sesuaikan Lampu

Ilustrasi kantor/tempat kerja.

Photo :
  • Arkadia Works

Cahaya yang dipancarkan perangkat kamu, silau pada layar, dan tingkat cahaya di sekitar dapat meningkatkan ketegangan pada mata. Untuk menghindari ketegangan mata digital, perangkat kamu harus memiliki cahaya paling terang di ruangan.

Pertimbangkan untuk meningkatkan kecerahan perangkat saat kamu berada di lingkungan terang, seperti di kantor atau di luar ruangan. Turunkan kecerahan jika kamu berada di ruangan gelap. Membersihkan layar secara teratur juga membantu menghilangkan debu dan noda yang dapat memperparah silau.

3. Lebih Sering Berkedip

ilustrasi bekerja

Photo :
  • freepik/Drazen Zigic

Berkedip akan menyebarkan air mata ke seluruh permukaan mata agar tetap nyaman, namun secara alami kita akan lebih sedikit berkedip saat fokus pada layar. Kamu berkedip 15-20 kali per menit ketika kamu tidak melihat layar, tetapi kamu berkedip kurang dari setengahnya saat melihatnya.

Menyadari seberapa sering kamu berkedip dapat mengurangi gejala ketegangan mata akibat digital. Biasakan untuk lebih sering berkedip saat kamu sedang menggunakan gawai atau menonton TV.

4. Istirahat Secara Teratur

Ilustrasi Tidur

Photo :
  • Unsplash

Selain mencoba berkedip lebih sering, mulailah beristirahat secara teratur sepanjang hari untuk mengistirahatkan mata kamu. Pertimbangkan untuk menerapkan aturan 20-20-20: luangkan waktu 20 detik untuk melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki setiap 20 menit.

Berfokus pada sesuatu selain layar bahkan selama beberapa menit membantu mengurangi ketegangan pada mata kamu. Selain itu, bangun atau melakukan peregangan dapat menurunkan risiko kelelahan otot dan leher.

5. Coba Kacamata Pemblokir Cahaya Biru

Ilustrasi kacamata.

Photo :
  • Freepik/katemangostar

Gelombang cahaya biru secara alami ditemukan di sinar matahari, namun perangkat juga memancarkan cahaya biru tingkat tinggi. Paparan cahaya biru buatan dalam waktu lama dapat menyebabkan kelelahan mata dan bahkan memengaruhi kemampuan kamu untuk tidur di malam hari.

Kacamata komputer, atau kacamata pemblokir cahaya biru, mencegah cahaya biru berlebihan mencapai mata kamu. Mengenakan kacamata berwarna biru terang saat kamu menggunakan komputer, tablet, ponsel, atau menonton TV dapat memperbaiki gejala ketegangan mata digital.

6. Lakukan Pemeriksaan Mata Secara Teratur

Ilustrasi Kelelahan, Ngantuk, bekerja

Photo :
  • Pixabay/ Concord90

Berkedip lebih sedikit, cahaya biru, dan lebih banyak lagi dapat meningkatkan risiko ketegangan mata digital, namun kondisi mata yang tidak diobati juga dapat menyebabkan gejala penglihatan. Masalah umum seperti astigmatisme atau rabun jauh dapat membuat mata kamu sakit, baik saat menatap layar atau tidak.

Oleh sebab itu,lakukan pemeriksaan mata adalah salah satu cara terbaik untuk mengidentifikasi masalah mata dan menemukan pengobatan yang efektif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya