Konsumsi Wasabi Setiap Hari dapat Meningkatkan Fungsi Otak pada Lansia

Wasabi.
Sumber :
  • freepik/wirestock

VIVA Tekno – Semua orang tentu ingin menjaga kemampuan berpikir dan ingatan mereka tetap tajam seiring bertambahnya usia.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa wasabi, rempah khas Jepang, dapat menjadi kunci untuk meningkatkan fungsi otak, terutama pada orang dengan usia tua atau lanjut usia (lansia).

Kita semua pernah mengalami momen lupa, seperti lupa mengambil kunci atau mengingat nama seseorang. Ini adalah hal yang normal saat kita menua.

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Namun, ada saat-saat ketika lupa itu bisa menjadi tanda-tanda masalah yang lebih serius, seperti penyakit demensia. Oleh karena itu, penting untuk memahami perbedaan antara lupa biasa karena penuaan dan masalah memori yang lebih serius.

Tanda-tanda bahwa kamu mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter meliputi sering bertanya hal yang sama, kesulitan mengikuti petunjuk atau resep masakan, kebingungan tentang waktu, tempat, dan orang, atau bahkan penurunan dalam merawat diri seperti kebersihan dan nutrisi yang buruk.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Makan Wasabi Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Wasabi di atas ikan segar

Photo :
  • Pixabay/ Wantawatt0

Namun, kabar baiknya adalah bahwa wasabi, yang biasa kita temukan di restoran Jepang, dapat membantu meningkatkan kemampuan otak, terutama ingatan. Wasabi adalah rempah dengan cita rasa pedas yang khas, dan sekarang penelitian telah menunjukkan manfaat luar biasa yang dapat diberikannya.

Dilansir dari The Science Times, sebuah penelitian di Jepang mengikutsertakan 72 sukarelawan yang berusia antara 60 hingga 80 tahun. Mereka semua sehat dan tidak memiliki masalah ingatan atau penyakit tertentu. Para peserta dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok diberikan tablet wasabi setiap hari, sementara kelompok lainnya menerima pil palsu. Setelah tiga bulan, para peneliti menguji berbagai kemampuan otak peserta.

Hasilnya sangat mengejutkan, kelompok yang mengonsumsi wasabi setiap hari mengalami peningkatan signifikan dalam ingatan dan kemampuan berpikir dibandingkan dengan kelompok yang menerima pil palsu. Mereka lebih baik dalam mengingat informasi dan menyelesaikan tugas-tugas berpikir.

Apa yang membuat wasabi begitu hebat untuk otak? Jawabannya terletak pada senyawa yang disebut 6-metilsulfonil heksil isotiosianat (6-MSITC), yang ditemukan dalam wasabi. Senyawa ini memiliki sifat antioksidan dan anti-peradangan yang dapat membantu melindungi otak dari kerusakan dan memperkuat koneksi antar sel otak.

wasabi

Photo :
  • freepik/wirestock

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa makanan kita bisa berdampak besar pada otak kita. Ini membuka jalan bagi strategi diet yang dapat membantu kita menjaga kesehatan otak, terutama ketika kita menua. 

Namun, perlu diingat bahwa wasabi asli bisa mahal, jadi pastikan kamu mendapatkan yang asli ketika membelinya. Dengan mengonsumsi wasabi secara teratur, kamu bisa merasakan manfaatnya untuk meningkatkan memori dan fungsi otak saat menuju usia yang semakin tua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya