Sebentar Lagi Planet Uranus Bisa Dilihat Langsung oleh Warga Bumi

Ilustrasi Planet Uranus.
Sumber :
  • Pixabay/Creative_Force

VIVA Tekno – Kamu akan memiliki kesempatan langka untuk menyaksikan penampakan planet Uranus dalam kejayaannya sebentar lagi. Meskipun mungkin tidak setenar planet lain, Uranus memiliki keunikan yang menakjubkan yang sayang untuk dilewatkan.

'Wassalam' kalau PDIP dan PKS Juga Gabung Koalisi Prabowo, Menurut Peneliti BRIN

Pada 13 November mendatang, Uranus akan mencapai fase yang disebut "oposisi," di mana posisinya berada di sisi Matahari yang berlawanan dari Bumi, seperti dilansir dari laman NASA. Hal ini akan membuat planet ini tampak sangat terang di langit malam. Sehingga kamu bisa melihat penampakannya dan jangan sampai terlewatkan momen langka ini. 

Planet Uranus (kiri) dan Neptunus (kanan).

Photo :
  • NASA / ESA; NASA / JPL
Gerindra: PDIP di Luar atau Dalam Pemerintahan Sama-sama Baik

Uranus bukan hanya planet yang memesona karena cincin indahnya, tetapi juga karena misteri yang menyelimuti keberadaannya. Planet ini pertama kali ditemukan pada tahun 1781 oleh William Herschel, dan sejak itu, penelitian tentang Uranus terus berkembang.

Salah satu penemuan terbaru berasal dari teleskop luar angkasa NASA, James Webb Space Telescope (JWST). Dalam gambar terbarunya, JWST berhasil mengabadikan 11 dari 13 cincin Uranus, memberikan wawasan baru tentang keunikan planet ini.

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

Ilustrasi planet Uranus

Photo :
  • Pixabay/Creative_Force

Meski telah dijelajahi oleh Voyager 2 pada tahun 1980-an, masih banyak yang belum kita ketahui tentang Uranus. Para ilmuwan berharap agar misi wahana antariksa berikutnya dapat memberikan lebih banyak pemahaman tentang planet es ini dan bahkan merinci lebih lanjut tentang cincinnya yang misterius.

Untuk melihat Uranus dengan mata telanjang, carilah langit malam pada 13 November setelah tengah malam. Planet ini akan terlihat seperti bintang terang, tetapi warna biru-hijau khasnya akan membedakannya. Jika kamu memiliki teropong atau teleskop, ini akan menjadi peluang sempurna untuk mendapatkan pandangan yang lebih dekat dan memahami keunikan Uranus.

Kamu yang memiliki ketertarikan dengan planet, terutama Uranus, jangan sampai melewatkan momen langka ini saat Uranus bersinar di langit malam dan memberikan pesona yang tak terlupakan di tata surya. 

x-jKMxKWkoo

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya