14% Aplikasi iPhone Gratis Bisa Curi Kontak

Sumber :
  • moblf.com

VIVAnews - Menurut survei yang dilakukan Lookout, perusahaan pengamat keamanan terhadap sekitar 300 ribu aplikasi, baik untuk iPhone dan Android, terungkap bahwa 14 persen di antara aplikasi gratis yang ada di App Store memiliki kemampuan untuk mengakses daftar kontak milik pengguna iPhone.

Angkanya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan aplikasi untuk Android, di mana delapan persen dari aplikasi yang diuji coba ternyata memiliki kemampuan untuk melihat ke dalam daftar kontak pada handset.

“Sebagian dari masalah disebabkan smartphone tidak memberitahukan pengguna terhadap data yang dikumpulkan oleh aplikasi yang sedang berjalan,” kata Dean Takahashi, pengamat dari VentureBeat, seperti dikutip dari Apple Insider, Rabu 18 Agustus 2010.

iPhone, menurut Takahashi, hanya memberitahukan pengguna saat aplikasi ingin menggunakan informasi lokasi mereka. “Dan meski ponsel Android memberikan banyak peringatan saat aplikasi diinstalasikan, pengguna umumnya mengabaikannya karena ingin segera mencobanya,” ujarnya.

Dari survei yang dilakukan, Lookout juga menemukan bahwa 47 persen aplikasi gratis Android menyertakan kode pihak ketiga seperti mobile ads dan pelacak analytics. Di iPhone angkanya lebih rendah, yakni hanya 23 persen.

Selain itu, tercatat bahwa 64 persen aplikasi di Android Market merupakan aplikasi gratis. Sebagai perbandingan, di Apple App Store, hanya 28 persen saja aplikasi yang tidak meminta bayaran dari penggunanya. (art)

Perlu Kementerian Khusus Urus Program Makan Siang dan Susu Gratis
Ponsel lipat Apple.

Apple Mau Keluarkan 2 Perangkat Lipat, Hanya Dijual untuk Orang Super Kaya

Kabar terbaru menyebutkan bahwa mereka siap merilis dua perangkat lipat, yakni MacBook ukuran 20,3 inci dan iPhone.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024