6 Kehebatan Air Zamzam

Jemaah mengambil air zamzam untuk diminum di kawasan Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi.
Sumber :
  • VIVA/Dedy Priatmojo

VIVA Tekno – Air zamzam tidak mengering di padang pasir di Mekah, Arab Saudi. Ini baru satu keajaiban yang dimiliki air zamzam.

Trump Janji Bakal Pulihkan Hubungan Amerika dengan Arab Saudi

Kemunculan sumur zamzam mengarah ke fondasi pemukiman lembah di Mekah. Jutaan peziarah membawanya ke negara asal karena air zamzam penuh keberkahan.

Zamzam adalah air suci yang muncul secara ajaib di bawah kaki Nabi Ismail AS ketika masih bayi. Ibunya, Siti Hajar, berlari ke antara Bukit Safa dan Marwah mencari air ketika keajaiban itu terjadi.

Ranking FIFA Timnas Indonesia Bisa Naik 20 Tingkat Jika Seri 10 Laga di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Zamzam berbeda dengan air alami dari segi kandungan mineral dan fitur radiologinya, sehingga punya khasiat menyembuhkan banyak penyakit. Berikut enam kehebatan air zamzam, berdasarkan data yang diolah VIVA Tekno:

Anti-tumor

Menuju 100 Besar Ranking FIFA, Berapa Poin Lagi untuk Timnas Indonesia?

Penelitian yang diterbitkan dalam Advanced Science Letter menunjukkan bahwa air zamzam memiliki sifat anti-tumor.

Air ini memiliki efek antioksidan, anti-tumor, anti-depresan, dan ansiolitik, yang semuanya merupakan ciri-ciri dari obat anti-kanker yang efektif.

Tidak Ada Pertumbuhan Mikroba

Mikrobiologi Murni dan Terapan melaporkan bahwa tidak ada pertumbuhan biologis yang ditemukan dalam sampel air zamzam. Hal ini menunjukkan bahwa air zamzam tetap murni dan bebas dari mikroba yang bisa menyebabkan penyakit.

Efek Penyembuhan Anti-jamur

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Katsina di Nigeria, air zamzam memiliki sifat anti-jamur yang mirip dengan obat anti-jamur. Ini menjadikannya bermanfaat dalam melawan infeksi jamur.

Bebas Patogen

Air zamzam terbukti bebas dari partikel atau mikroorganisme yang dapat mengkontaminasi, seperti bakteri, virus, atau jamur.

Menurunkan Asam Urat dan Kolesterol

Fakta selanjutnya, air zamzam memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah. Sifat alkali dari air ini diyakini menjadi faktor utama.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Heidelberg menunjukkan bahwa minum air zamzam dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah secara signifikan (p<0.05).

Sedangkan, penelitian selama tiga bulan menunjukkan bahwa minum air zamzam secara rutin dapat secara signifikan menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh. Hal ini menunjukkan bahwa air zamzam bisa berkontribusi pada kesehatan jantung yang lebih baik.

Kaya Mineral

Air zamzam kaya akan berbagai mineral penting, termasuk Kalsium, Magnesium, Kalium, Vanadium, Besi, Seng, Kobalt, Tembaga, Molibdenum, dan Natrium. Penelitian dari Kota Sains dan Teknologi King Abdul Aziz menunjukkan bahwa kandungan mineral yang melimpah ini dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya