Opera: Pengguna Internet Mobile Wanita Naik

Sumber :
  • BTEL

VIVAnews - Seiring berjalannya waktu, ternyata pengguna internet mobile wanita mengalami peningkatan.

Pengguna Internet di Indonesia Tinggi, tapi Bukan Tanpa Masalah

Menurut laporan mutakhir 'The State of Mobile Web' yang dilansir oleh Opera Software, ternyata sejak dua tahun lalu pengguna internet mobile kaum Hawa meningkat 575 persen.

Secara komposisi, Opera juga memperkirakan peningkatan rasio pengguna internet mobile wanita, dari hanya 12 persen pada dua tahun lalu, kini menjadi 23 persen.

Kisah Wanita di Mataram, Korban Pelecehan Seksual Justru Dijerat UU ITE

"Memang pengguna internet mobile dari kalangan pria tetap mendominasi, namun, pengguna wanita mengalami peningkatan yang lebih cepat - mengejar ketertinggalan mereka dari kaum pria," ujar laporan tadi.

Afrika Selatan, Amerika Serikat (AS), Rusia, dan Inggris menjadi negara-negara yang memiliki komposisi pengguna internet mobile perempuan terbesar. Afrika Selatan, punya 43,5 persen, diikuti AS (35,6 persen), Rusia (32,4 persen), dan Inggris (31,5persen).

Demi Gaya Hidup Mewah, 9 Perempuan Terlibat Sindikat Narkoba Tempel di Denpasar

Sementara Indonesia berada di posisi ke-6, memiliki persentase pengguna internet mobile perempuan sebanyak 21,3 persen. Angka itu mengalami peningkatan sejak dua tahun yang lalu, di mana Indonesia cuma memiliki 18 persen perempuan pengakses internet lewat ponsel.

"Akses terhadap Web adalah hak universal, dan mobile Web merupakan cara untuk meruntuhkan batasan untuk mengakses Web. Melihat lebih banyak perempuan yang menggunakan Web mobile merupakan hal yang penting untuk memastikan tercapainya keterbukaan akses mobile Web untuk semua orang," kata Jon von Tetzchner, pendiri Opera Software, melalui siaran persnya.

Adapun negara-negara yang memiliki komposisi pengguna internet mobile wanita terkecil adalah India (4 persen), Nigeria (5,4 persen), China (11,6 persen), dan Vietnam (17,9 persen).

Survei ini digelar hingga 10 Agustus 2010, oleh Opera melalui melalui 9 jenis bahasa (Bahasa Rusia, Inggris, Indonesia, Cina, Vietnam, Portugis, Jerman, Polandia, dan Jepang). Setiap pengguna Opera Mini ditawarkan mengikuti survei tersebut, dan lebih dari 300.000 responden mengikuti survei ini. 

Seiring dengan peningkatan jumlah pengguna internet mobile perempuan, Opera juga mencatat peningkatan jumlah pengguna. Di bulan Juli 2010, Opera Mini memiliki lebih dari 62,3 pengguna, dengan 4,8 persen peningkatan sejak bulan Juni 2010.

Para pengguna aktif tadi melihat lebih dari 29,6 milyar halaman dibulan Juli 2010 ini. Sejak Juni kemarin, halaman yang dilihat naik 8,5 persen, sedangkan sejak bulan Juli 2009, halaman yang dilihat tumbuh sebanyak 146,3 persen.

Opera Mini diklaim mampu mengkompresi hingga 90 persen ukuran data di internet. Pada bulan Juli 2010, pengguna Opera Mini menggunakan 445 juta MB data untuk operator di seluruh dunia. Sejak bulan Juni, data yang dikonsumsi meningkat 6,9 persen. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya