Telkomsel Targetkan Rp 3T dari Bisnis Konten

Bisnis konten merupakan lahan bisnis baru para operator telekomunikasi, khususnya di era mobile broadband.
Sumber :
  • VIVAnews

VIVAnews - Perkembangan bisnis konten Telkomsel mengalami kenaikan pertumbuhan yang signifikan. Sampai saat ini, pertumbuhannya mencapai 30-40% dengan basis customer sekitar 36 Juta pengguna.

Untuk itu, Telkomsel mengembangkan sayap dengan merangkul content provider dari unsur mahasiswa. Menurut Krish Pribadi, VP Digital Music dan Content Telkomsel, saat ini pihaknya telah memiliki sebanyak 480 content provider.

“Target sampai akhir tahun ini, pendapatan bisnis konten mencapai Rp3 triliun. Target pertumbuhan kita patok 106 persen,” kata ujar Krish di Jakarta, Sabtu 20 Agustus 2011. Sebagai gambaran, tahun lalu bisnis konten Telkomsel mencapai Rp2,2 triliun.

Menurut catatan Telkomsel, dari pelanggan seluler di Indonesia yang mencapai  200 juta nomor, sekitar 71% sudah mengakses broadband. Artinya, setiap 7 dari 10 pengguna seluler, mengakses broadband.

“Untuk itu, Telkomsel fokus ke arah full entertainment untuk mengembangkan kontennya,” kata Krish. “Dalam full entertainment ini, semua menjadi satu. Tidak hanya urusan musik, tapi juga community, payment baking, merchandhise, aplikasi, dan lain-lain,” ucapnya.

Adapun untuk konten yang pertumbuhannya tinggi, tambah Krish, bukan diukur dari kuantitas angka yang besar, tapi konten yang bertahan lama yang menurutnya konten potensional. “Konten yang tinggi ya, yang longtime, ” ujarnya. “Konten yang bertahan seperti itu konten musik. Musik kan dinamis,” ucap Krish.

Seperti diketahui, bisnis konten dan digital merupakan bisnis baru dalam perkembangan industri telekomunikasi di era broadband. Dan mengingat maraknya akses broadband di kalangan pengguna seluler, seluruh operator telekomunikasi terus membangun jaringan di berbagai penjuru negeri.

Telkomsel sendiri sampai saat ini sudah mempunyai 44.000 BTS yang menjangkau 97% wilayah populasi di Indonesia. (umi)

Konsumen Makin Pede Tatap Ekonomi Indonesia, BI Ungkap Indikatornya
David Sanborn

Profil David Sanborn, Pemain Saksofon Legendaris yang Meninggal Dunia

Kabar duka menyelimuti dunia musik di mana pemain saksofon legendaris David Sanborn dikabarkan telah meninggal di usia 78 tahun. Berikut profil lengkap David Sanborn.

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024