Terjun ke Bisnis Pembayaran, Samsung Beli LoopPay

Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id -
Pengguna Mobile Payment T-Cash Kini 15 Juta
Samsung memang selalu mengekor Apple. Setelah perusahaan Steve Jobs itu mengumumkan akan terjun ke layanan pembayaran digital, Samsung pun ikut-ikutan.

Jonathan Kuo, Pianis Muda Indonesia yang Kembali Memukau di Panggung Musik Klasik

Samsung dikabarkan telah membeli sebuah perusahaan pembayaran mobile asal Amerika, LoopPay. Perusahaan itu diklaim lebih kompetitif dibanding sistem pembayaran mobile lainnya, karena diterima di hampir semua lokasi layanan.
Acara Met Gala Berlangsung, Pengunjuk Rasa Pro-Palestina Penuhi Jalanan New York


Dilansir melalui
Financial Times
, Senin 23 Februari 2015, LoopPay dipercaya tidak membutuhkan investasi besar untuk membangun lokasi pembayaran. Sistem LoopPay menggunakan teknologi magnetik yang ada, berupa strip magnetik yang umum digunakan pada terminal kartu kredit.


"Akuisisi dua hardware unik ini merupakan cara terakhir Samsung untuk membedakan layanannya," ujar analis telekomunikasi independen, Richard Windsor.


Analis memprediksi ada peningkatan besar terhadap pembayaran mobile (menggunakan smartphone) dalam kurun beberapa tahun ke depan. Forester mengatakan, di Amerika, pertumbuhannya akan mencapai 10 kali lipat dari US$3,7 miliar pada tahun lalu menjadi US$34 miliar di 2019.


Apple Pay akan menggunakan teknologi
Near Field Communication
(NFC). Meski telah dikenal masyarakat sejak lama, NFC membutuhkan upaya untuk para pemilik sistem pembayaran mobile guna mengganti atau mengubah terminal pembayaran. Saat diperkenalkan beberapa waktu lalu, Apple mengatakan jika Apple pay bisa digunakan di 220 ribu outlet di Amerika, mulai dari McDonald sampai Toys R Us.


Sama seperti Apple Pay, Google, dan Paypal juga belum banyak mendominasi sistem pembayaran dari banyak
retailer
. Tidak demikian dengan LoopPay yang diklaim Samsung telah digunakan oleh 90 persen dari jumlah total outlet di Amerika.


Dikabarkan, layanan LoopPay akan mulai dibenamkan di smartphone keluaran terbaru Samsung, Galaxy S6. Smartphone itu dijadwalkan akan meluncur ke publik pada awal Maret nanti. (art)



Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya