Menanti Fitur-fitur Potensial Android M

Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id - Google sebentar lagi akan menyelenggarakan hajatan tahunan, Google I/O 2015. Konferensi pengembang tahunan itu akan dimulai 28 Mei 2015.

Seperti biasanya, dalam konferensi itu, Google akan mengungkapkan beberapa inovasi dan rilis seputar perangkat lunak dan sistem operasinya.

Salah satu yang patut dinanti yaitu soal sistem operasi terbaru Android. Sesuai siklusnya, Android terbaru akan hadir dengan nama Android M.

Pertanyaan pertama pun akan berputar soal nama apa yang akan dipilih oleh Google.

Dikutip dari Phone Arena, Rabu 27 Mei 2015, secara internal disebutkan sistem operasi Android M akan menyandang nama Macadamia Nut Cookie. Tapi sebelumnya juga muncul nama Marsmallow.

Di luar soal nama, pembahasan menarik yaitu soal fitur-fitur baru.

Laman ini menyebutkan Android M akan hadir dengan peningkatan material desain antarmuka yang akan tampil dengan desain datar dan minimalis.

Android terbaru itu disebutkan akan hadir untuk meningkatkan kinerja secara lebih baik dibanding Android Lollipop. Android M akan lebih efisien dalam kinerjanya. Disebutkan Android M akan hemat dalam penggunaan RAM, mengurangi aktivitas saat perangkat tengah diam atau tertidur.

Brutal, Manajer Google Diperkosa Lalu Dibunuh

Kabar menariknya, Android M akan mendukung fungsi multi window. Fitur ini memungkinkan pengguna bisa menjalankan beberapa aplikasi dalam satu layar.

Kemudian yang menarik ditunggu yaitu fitur universal quick reply dalam notifikasi dengan letaknya di bagian atas layar. Hal ini memudahkan pengguna untuk membalas pesan atau berinteraksi dengan cara yang berbeda da cepat.

Google diperkirakan juga akan menghiasai Android terbaru dengan meningkatkan kendali suara. Gambarannya, pengguna akan bisa lebih mudah melakukan perintah suara secara lebih mudah meski dengan kondisi hands free. Kendali suara akan didukung dengan peningkatan Google Now.

Seperti yang sudah dikabarkan sebelumnya, Android M mungkin akan hadir dengan otentifikasi sidik jari. Pemberian fitur ini secara langsung mempertimbangkan makin banyaknya para vendor ponsel yang sudah pamer fitur sidik jari.

Berikutnya, Android M memungkinkan untuk 'berbicara' dengan ponsel Android lainnya, dengan menemukan perangkat Android yang ada di sekitar lingkungannya. Fitur ini disebut 'komunikasi berbasis kedekatan'.

Hal menarik yang ditunggu yaitu soal kepastian platform Android for Work, yang sudah bocor beberapa waktu lalu. Android for Work disebut akan membawa Android mampu mendukung segala jenis tempat kerja, termasuk bagi pelanggan perusahaan atau korporasi.

Sistem pembayaran sudah mulai menjadi tren. Nah, Android M mungkin akan memperkenalkan sistem pembayaran Android Pay. Soal sistem ini sudah dikonformasi Google dalam beberapa bulan lalu.

Android Pay juga sesuai dengan sistem pembayaran yang sudah diadopsi Google yaitu Google Wallet. Jika memang benar, maka pengguna bisa memiliki opsi sistem pembayaran.

Peta Palestina dihilangkan di Google Maps.

Kata Google Soal Hapus Palestina dari Maps

Google tak pernah menuliskan Palestina di Maps.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016