Cara Google Tekan Kecelakaan di Perlintasan Kereta Api

Ilustrasi perlintasan kereta api
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Google prihatin dengan masih banyaknya angka kecelakaan yang terjadi di persimpangan rel kereta api. Untuk menekan kecelakaan tersebut, perusahaan internet dunia itu turun tangan.

Dengan menggandeng Federal Railroad Administration (FRA), Google akan menyediakan sebuah peringatan kepada pengemudi saat akan melintasi rel kereta api. 

Dikutip dari Mashable, Selasa, 30 Juni 2015, nantinya Google akan memberikan peringatan melalui layanan Google Maps. Perusahaan mengatakan, fitur peringatan akan muncul dalam setiap perlintasan kereta api di Amerika serikat di Google Maps.

Kata Google Soal Hapus Palestina dari Maps

Bentuk peringatann itu adalah notifikasi audio maupun visual saat kendaraan melintas dekat perlintas kereta api. Tapi Google belum merilis kapan fitur peringatan itu akan muncul di Google Maps.

Google berharap fitur peringatan ini bisa membuat pengemudi lebih berhati-hati saat melinasi rel kereta. Sebab, data FRA menunjukkan kasus kecelakaan di perlintasan kereta api masih tinggi. Data menunjukkan sekitar 94 persen kecelakaan di perlintasan kereta api disebabkan karena kelengahan dan kesalahan pengemudi.

Penyebab utama kecelakaan, kata FRA, yaitu pengemudi mencoba untuk menerobos perlintasan dan perhitungan salah dari sang pengemudi saat melintas kereta api.

Selain bersama Google, FRA mengatakan juga menjalin kerjasama dengan Apple dan pembuat aplikasi mobile lain untuk memastikan fitur keamanan bisa secara luas diadopsi masyarakat.

FRA mengatakan kesepakatan dengan mitra ini memang belum final, tapi Apple sejauh ini belum merespons soal hal ini.

FRA memang gencar untuk bisa meningkatkan keamanan pengemudi saat melintasi rel kereta, meskipun Departemen Transportasi AS juga sudah mengembangkan aplikasi keselamatan yang mendaftar semua perlintasan kereta.

Sayangnya, aplikasi besutan departemen tersebut tidak bisa menjangkau ke orang yang lebih banyak.

Jumlah kecelakaan di perlintasan kereta menurut data yaitu di bawah 2.000 dalam setahun pada 2012. Angka itu memang sudah anjlok dibanding angka kecelakaan pada 1970-an yang mencapai 12 ribu kasus dalam setahun.

Namun demikian, dalam tiga tahun terakhir belakangan, kasus kecelakaan makin meningkat. Data FRA mengatakan pada 2014, tercatat hampir 2.300 kecelakaan di perlintasan kereta api terjadi.

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta

Politikus PKS: Google Ingin Kaburkan Teritori Palestina

Dia menduga penghapusan Palestina di Google Maps adalah ulah Israel.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016